BUMDes Percepat Pertumbuhan Ekonomi

oleh -7 views
EKONOMI TUMBUH: Stan Bummas di Desa Tegalurung diserbu pembeli, kemarin (22/11). FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Kehadiran Badan Usaha Milik Masyarakat (Bummas) di Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan, mulai dari pemerintah kecamatan, pemdes, dan masyarakat. Pasalnya kehadirannya akan membawa dampak pasti di tengah-tengah masyarakat sebagai upaya peningkatan perekonomian warga.

Apalagi di desa-desa saat ini sudah berdirinya Budan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sehingga dengan sinergi antara BUMDes dan Bummas dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di masyarakat desa.

Kuwu Tegalurung, Kecamatan Balongan Ahmad Fahmi mengatakan kahadiran Bummas yang dirintis rumah zakat, akan mewarnai kegiatan sosial ekonomi masyarakat desa. Hal itu menandakan semangat kemandirian masyarakat mulai terlihat, tidak menjadi masyarakat yang hanya menuntut bantuan, tetapi masyarakat yang mampu ikut berkontribusi dalam pembangunan desa.

“Sangat mengapresiasi sekali, kehadirannya (Bummas, red) akan mewarnai kegiatan perekonomian. Apalagi yang dipacu dalam Bummas pada sektor perberdayaan ibu rumah tangga bagaimana bisa menghasilkan barang bernilai jual. Tanpa modal besar, tetapi mampu memproduksi olahan yang laku di pasaran lokal sampai luar daerah,” Kata Fahmi, Jumat (22/11).

Dikatakan Fahmi, pihaknya akan terus berusaha mendorong keberadaan Bummas agar bisa terus tumbuh subur, bisa merangkul masyarakat-masyarakat yang berusia produktif. Sehingga tidak ada masyarakat desa yang diam, menjadi masyarakat yang kreatif, inovatif. Dan tidak menutup kemungkinan ditahun yang akan datang, pihaknya akan lebih memprioritaskan program pemberdayaan masyarakat.

“Jelas ini jadi aset kita, sangat luar biasa terbentuknya Bummas menjadi wadah bagi warga, bisa lebih aktif, bisa belajar menghasilkan sesuatu olahan yang bernilai jual. Bummas pun bisa ikut serta membantu pemerintah desa menggali potensi perekonomian yang ada didesa,” ujarnya.

Sementara itu, Afipudin SE mengatakan adanya Bummas menjadi tanda perekonomian masyarakat mulai bangkit, kesadaran masyarakat yang ingin maju secara mandiri. Namun disayangkan kehadiran Bummas hanya ada di satu desa di Kabupaten Indramayu. Padahal menurutnya Bummas dapat bersinergi bersama BUMDes yang saat ini di setiap desa sudah terbentuk. Melalui sinergi antara kedua dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian desa.

“Jadi gairah masyarakat di sektor ekonomi, semoga Bummas bisa dicontoh masyarakat lainnya. ┬áDan, Bummas di Desa Tegalurung mendapat support dari pemdes setempat, karena saya lihat potensinya sangat bagus. Apalagi antara Bummas dan BUMDes bisa bersinergi membangun perekonomian masyarakat,” tandasnya. (oni)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.