Buka Layanan Vaksinasi Setiap Hari, RT Dikerahkan Lakukan Sensus

oleh -44 views
SATU LOKASI: Pemdes Bongas membuka layanan vaksinasi setiap hari di satu lokasi yakni gedung Posyandu depan kantor desa, kemarin. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

Pemerintah Desa Bongas Kecamatan Bongas berusaha meningkatkan jumlah warga yang dapat menjalani vaksin Covid-19. Targetnya sebanyak 1.994 warga yang belum divaksin. Sebelum akhir tahun bisa tuntas. Apa saja terobosan yang dilakukan?

KHOLIL IBRAHIM, Bongas

SEJAK dua hari lalu, gedung Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di depan kantor Desa Bongas selalu ramai. Banyak orang berdatangan. Mereka hendak divaksin Covid-19.

Ada dua orang bidan desa dari UPTD Puskesmas Bongas yang ditempatkan disitu. Satu bertugas sebagai vaksinator. Satu laginya bagian adminstrasi, dibantu beberapa pamong desa setempat.

Para ketua RT juga tampak hilir mudik dilokasi yang sama. Sembari membawa bebarapa lembar kertas berisi data warga masing-masing RT. Sejumlah anggota Polri dan TNI juga hadir ikut memantau.

Kuwu Bongas, Kadir mengatakan, pelayanan vaksinasi Covid-19 di kantor desa ini akan berlangsung setiap hari. Sampai tanggal 24 Desember 2021 mendatang. Setiap jam kerja, mulai pukul 08.00 sampai jam 1 siang. Hari Minggu muapun libur nasional, pelayanan vaksinasi tetap dibuka.

Sengaja dipusatkan di satu titik supaya warga tidak bingung jadwal vaksinasi yang sebelumnya selalu berubah. Baik waktu pelaksanaan maupun lokasinya.

“Awalnya kan kita muter-muter saban blok. Digilir setiap minggu. Ternyata hasilnya kurang maksimal. Banyak warga yang pengin segera divaksin tapi bukan giliran jadwalnya. Atau terkendala jarak, waktu dan kondisi kesehatannya saat itu. Macam-macam lah. Nah, kalau dipusatkan di satu lokasi, warga bisa kapan saja datang,” tuturnya.

Sembari itu, para ketua RT juga ditugaskan untuk melakukan pendataan secara valid. Jumlah warga yang sudah, belum maupun yang tidak bisa divaksin lantaran terkendala kondisi kesehatan.

Data itu sangat dibutuhkan, karena sejak dimulainya pelaksanaan vaksinasi, Pemdes Bongas belum memilikinya. Namun berdasarkan data yang diterimanya dari Satgas Covid-19 Kecamatan Bongas, jumlah sasaran vaksin masyarakat Desa Bongas sejumlah 4.796. Sebanyak 832 warga sudah menajalani vaksinasi dosis pertama dan sebanyak 1.970 sudah divaksin kedua. Tersisa sebanyak 1.994 yang belum divaksin.

“Tapi data itu kita masih ragu. Makanya semua ketua RT kita kerahkan untuk melaksanakan sensus vaksinasi. Jadi nantinya Pemdes tahu data valid warga yang sudah, belum atau tidak bisa divaksin. Termasuk warga yang ada di luar desa terdata semua. Dengan cara ini diharapkan pelaksanaan vaksinasi berjalan efektif. Tepat sasaran dan tepat data,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.