BST Tahap 12 dan 13 Disalurkan Melalui PT Pos Indonesia

oleh -127 views

INDRAMAYU – PT Pos Indonesia Cabang Indramayu kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Tahap 12 dan 13 ini ada pengurangan sebanyak 19 ribu KPM BST, Rabu (14/04).
“Pada bulan Maret kemarin sempat tidak ada penyaluran KPM BST. Jadi di bulan April ini digabungkan sama bulan Maret.

Dengan kata lain tahap 12 dan 13 dirapel jadi satu. Namun ada pengurangan penerimaan KPM BST di Kabupaten Indramayu,” jelas Ketua Satuan Tugas Bantuan Sosial Tunai (Satgas BST) PT Pos Indramayu Prima Akhbar Kurnia.
Prima menjelaskan, bahwa jumlah total yang disalurkan oleh PT Pos di 31 Kecamatan se-Kabupaten Indramayu ada 41.138 KPM BST.

Jumlah tersebut ada pengurangan dibandingkan tahap sebelumnya yang mencapai sekitar 60.138 KPM BST. Berarti total yang berkurang atau tidak mendapatkan bantuan pada tahap ini ada sekitar 19.000 KPM BST.
“Kita tidak tahu pasti mengapa ada jumlah pengurangan tersebut. Dari PT POS hanya sebagai penyalur yang ditunjuk Pemerintah melalui Kementerian Sosial.

Jika ada masyarakat yang tidak dapat bantuan, lalu ingin mengkonfirmasi, sebaiknya ke Pemerintah Desa setempat, Kecamatan, atau Dinas Sosial Kabupaten Indramayu langsung,” terangnya kepada Tim Radar Indramayu.
Namun, menurut keterangan yang didapatkan, pengurangan tersebut akibat adanya proses verifikasi dan validasi data sesuai dengan KTP Elektronik (E-KTP) serta penyesuaian-penyesuaian baru dari yang memiliki kebijakan terkait hal tersebut.

Menurut informasi, Prima juga memaparkan, bahwa PT Pos termasuk diminta oleh Kementerian Sosial untuk mengecek NIK yang sama atau mirip dengan nama yang berbeda. Namun tetap, data tersebut hanya sebatas pengajuan. Yang memutuskan dapat atau tidaknya KPM BST, itu dari Kemensos RI.

Bila ada warga yang mengeluh tidak mendapatkan bantuan kembali, PT Pos Indramayu hanya sebagai juru bayar dan membantu proses penyaluran. Adapun data KPM BST, tidak bertanggung jawab secara penuh.
Untuk diketahui PT Pos Indramayu yang berada di Jalan Siliwangi No 12 Kelurahan Paoman Kecamatan Indramayu menyalurkan kepada KPM BST di 3 kecamatan.
Kecamatan Indramayu berjumlah 4.385, Kecamatan Sindang 1.701, dan Kecamatan Pasekan 1.020 KPM BST. (jml)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *