BPJS Ketenagakerjaan Diminati Pedagang Hingga Kuli Panggul

oleh -129 views

INDRAMAYU – BPJS Ketenagakerjaan saat ini bukan hanya menjadi milik pekerja berpenghasilan tetap. Pekerja bukan penerima upah atau pekerja informal pun sekarang bisa masuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari petani, pedagang, ojek online hingga kuli panggul dan yang lainnya.

Ketua UPK Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu, Kholili mengatakan, jumlah pekerja informal yang mendaftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan ternyata cukup banyak.

“Kami dari UPK DAPM Kedokanbunder sebagai Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan, hanya memfasilitasi masyarakat yang ingin menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, ” ujar Kholili, Jum’at (03/12).

Dikatakan, saat ini ada sekitar 300 orang yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui kelompoknya. Sementara 78 orang mendaftar secara perorangan. Mereka sebagian besar adalah pedagang kecil. Selain pedagang, kuli panggul di Pasar Jatibarang juga banyak yang menjadi peserta.

Kholili mengatakan, mereka tertarik untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan karena memang sudah terbukti nyata. ” Kami sudah beberapa kali menyerahkan klaim kepada ahli waris korban meninggal dunia, berupa santunan sebesar 42 juta rupiah, “ujar Kholili.

Tureni (45), pemilik warung dan usaha fotocopy di Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder mengungkapkan, ia tertarik menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagai proteksi atau jaminan masa depan. Selain itu, premi yang dibayarkan ternyata cukup ringan hanya 12..000 rupiah per bulan.
“Karena daftarnya lewat kelompok, jadi preminya lebih murah. Kalau daftar perorangan preminya 16.800,” tuturnya. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.