BPD Pilih Buka Lowongan bagi Calon Panpilwu

oleh -60 views
GENCARKAN SOSIALISASI: Plt Camat Gantar Drs Eddy Wahyono beserta Forkompimcam saat sosialisasi tahapan pelaksanaan Pilwu Serentak Kabupaten Indramayu 2021, kemarin. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Empat Desa di Kecamatan Gantar bakal menggelar Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak tahun 2021. Keempatnya yaitu Desa Gantar, Sanca, Mekarwaru dan Bantarwaru.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di empat desa itu memilih membuka lowongan pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kuwu (Panpilwu) secara terbuka. Tidak melalui rekrutmen langsung. Siapapun boleh mendaftar. Asalkan warga setempat dan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

Melalui sistem ini, diprediksi jumlah pendaftar membeludak. Karena itu BPD akan melakukan seleksi untuk menentukan Panpilwu dengan jumlah 9 orang. Atau disebut panitia 9.

“Hal ini untuk memberikan kesempatan yang sama kepada semua masyarakat. Tentu nanti ada proses seleksinya oleh masing-masing BPD,” kata Plt Camat Gantar Drs Edy Wahyono kepada Radar, usai sosialisasi tahapan pelaksanaan Pilwu Serentak Kabupaten Indramayu 2021, Rabu (3/2)

BPD, terangnya, memiliki kewenangan untuk menjaring, menyaring dan menetapkan keanggotaan Panpilwu. Sesuai Peraturan Bupati Indramayu nomor 64.A tahun 2020. Mereka diberi waktu sampai 9 Februari untuk membentuk Panpilwu untuk kemudian dilantik.

“Memilih tidak melalui rekrutmen langsung. Tentunya teman-teman BPD memiliki pertimbangan kenapa membuka pendaftaran calon Panpilwu,” ujarnya.

Plt Camat Edy Wahyono menambahkan, sosialisasi pelaksanaan Pilwu Serentak 2021 sudah dan akan terus dilaksanakan. Setelah Kuwu, Pemdes dan lembaga-lembaga desa, nantinya akan menyasar kepada Panpilwu yang telah terbentuk.

Sesuai Perbup, Pilwu Serentak di Bumi Wiralodra akan digelar 2 Juni mendatang dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Pilwu Serentak 2021 ini memiliki banyak perbedaan dibanding sebelumnya. Karena itu kita sosialisasikan secara masif dan memberikan ruang diskusi bersama elemen masyarakat. Tentu dengan tetap memperhatikan prokes Covid-19,” terangnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *