BLT Dana Desa Segera Disalurkan

oleh -752 views
MUSDES: Pemdes bersama BPD Bongas menggelar Musdes pengesahan perubahan anggaran DD penyelanggaraan penanganan Covid-19 tahun anggaran 2020, Selasa (21/4). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Pemerintah Desa Bongas Kecamatan Bongas dalam waktu dekat ini segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk warga yang terdampak Covid-19.

Penyegeraan itu menyusul tuntasnya Musyawarah Desa (Musdes) pengesahan perubahan anggaran dana desa (DD) penyelanggaraan penanganan Covid-19 tahun anggaran 2020, Selasa (21/4).

“Rencananya sebelum bulan Ramadan sudah bisa disalurkan,” ungkap Ketua BPD Bongas Arif Wahyudi didampingi Kuwu Desa Bongas Kadir.

Dijelaskannya, BLT yang berasal dari DD diperbantukan untuk memberikan BLT kepada masyarakat miskin atau ekonomi lemah saat pandemi Covid-19. Sedangkan DD yang dialihkan untuk BLT tersebut sekitar 30 persen dari total. Program itu akan disalurkan bagi sebanyak 92 kepala keluarga (KK) terdampak Covid-19.

“Calon penerima sudah diverifikasi dan disepakti bersama oleh BPD dan Pemdes. Dalam pendatannya dilakukan secara selektif. Karena selain BLT DD, ada pula bantuan lain dari pusat, provinsi dan kabupaten. Jadi jangan sampai terjadi satu KK menerima bantuan dobel,” terang Arief.

Kuwu Kadir menambahkan, BLT DD ini diberikan kepada penerima secara nontunai atau transfer perbankan. BLT dana desa diberikan kepada warga kurang mampu di desa yang belum mendapatkan program bantuan pemerintah di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan kartu pra kerja.

“Melalui RT dan RW kita data masyarakat yang terdampak Covid-19 sesuai amanat permendes. Kemudian data hasil pendataan di musdeskan untuk ditetapkan. Sedangkan penyalurannya melalui rekening masing-masing penerima,” terangnya.

Pihaknya berharap penyaluran BLT DD dapat berjalan dengan aman. Warga penerima juga dapat memanfaatkannya dengan prioritas untuk memenuhi kebutuhan hidup selama pandemi wabah corona. (kho)