BLK Disnaker Gelar Pelatihan Kejuruan

oleh -172 views
PELATIHAN : Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu Hj Sri Wulaningsih tengah memberikan keterangan pers terkait program pelatihan, kemarin. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu kembali menggelar pelatihan kejuruan untuk masyarakat Kabupaten Indramayu. Sebanyak 80 peserta siap mengikuti pelatihan dari 4 jenis kejuruan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan untuk memiliki sertifikasi.

Keempat kejuruan yang mulai dilakukan pelatihan tersebut yaitu komputer, menjahit, AC split, dan caregiver. Kegiata pelatihan dibuka langsung Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu, Sri Wulaningsih di Aula BLK, Kamis (3/6).

Kepala Disnaker Kabupaten Indramayu, Sri Wulaningsih menjelaskan, kegiatan pelatihan tersebut merupakan upaya untuk mengurangi angka pengangguran yang secara akumulatif mengalami peningkatan akibat dampak pandemi Covid-19.

Dengan pelatihan yang diselenggarakan tersebut diharapkan peserta memiliki kompetensi dan siap memasuki dunia kerja baik lokal, regional, nasional bahkan internasional.

“Kita berharap melalui pelatihan di BLK ini dapat menciptakan kemampuan dan keterampilan para pencari kerja,” tegas Wulan.

Sementara itu Kepala UPTD BLK Kabupaten Indramayu, Asep Kurniawan mengatakan, antusias masyarakat untuk mengikuti pelatihan sangat tinggi hal ini dilihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 521 orang. Setelah dilakukan seleksi akhirnya 80 orang yang berhasil untuk mengikuti proses pelatihan sampai dengan bulan Juli 2021 mendatang.

Asep menambahakan, metode pelatihan yang diterapkan yakni pemberian materi secara luring, daring, teori 30 persen, praktek kerja 70 persen, dan simulasi.

“Karena masih dalam situasi pandemi, jadi kita kombinasikan metode pelatihannya. Semoga berjalan lancar,” kata Asep.

Kegiatan pelatihan juga mendapatkan apresiasi dari Staf Khusus Bupati Indramayu Bidang UMKM, Ato Susanto. Menurut Ato, pihaknya memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan pelatihan di BLK Indramayu. Pelatihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan bagi para pencari kerja dan berharap ini dapat mewujudkan visi Indramayu Bermartabat. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.