Bisnis Tanaman Hias Rambah Pedesaan

oleh -80 views
BOMING DI PEDESAAN: Camat Iing Kuswara saat memborong aneka tanaman hias yang dijual Ny Ai Sumarni, warga Desa Margamulya, Selasa (2/2). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Bisnis tanaman hias lagi marak. Tak hanya di wilayah perkotaan. Perdagangan tanaman hias kini menjamur sampai kepelosok desa. Banyak warga yang banting stir terjun ke bisnis yang lagi trend saat pademi Covid-19 ini.

Atau menjadikannya sebagai bisnis sampingan. Ai Sumarni (56) misalnya. Dari sekadar iseng, Kepala SDN Kertajaya 3 ini menjadi salah satu pedagang tanaman hias yang cukup populer di wilayah Kecamatan Bongas.

Memanfaatkan halaman depan, samping dan belakang rumahnya di Blok Tundagan, Desa Margamulya, Kecamatan Bongas, disulap menjadi kebun mini.

Tak cuma aneka tanaman hias. Bermacam pot, media, rak susun, hingga printilan kebutuhan berkebun juga dijualnya.

Ai Sumarni bukan penjual tanaman dadakan yang muncul ketika hobi bercocok tanam di rumah booming. Ibu dua orang anak kelahiran Bandung 17 Juli 1963 ini sudah lama menekuni dunia tanaman hias. Sejak masa remaja. Koleksi tanaman hiasnya tanpa sadar semakin banyak.

Sembari berjualan barang elektronik. Diapun mencoba peruntungan di bisnis jual beli tanaman hias. Dibantu suami dan salah seorang anaknya yang juga hobi berkebun. “Alhamdulillah, di kampung juga peminatnya banyak,” kata dia kepada Radar, Selasa (2/2).

Mula-mula, jualannya hanya untuk kalangan terbatas. Seperti para tetangga, ibu-ibu jamiyah majlis taklim sampai rekan-rekannya sesama anggota Dharma Wanita di lingkungan Dinas Pendidikan.

Sekarang, usahanya laris manis diburu pelanggan dari luar kecamatan. Lantaran harga jualnya yang terjangkau. “Dasarnya dari hobi, jadi kalau ada pembeli yang juga hobi tanaman hias, kita jual-jual aja. Gak mikir untung gede, yang penting seneng,” tuturnya.

Jualan tanaman hias milik Ai Sumarni, juga membuat Camat Bongas, Iing Kuswara SSTP MSi kepincut. Iapun mengaku salut dengan kreativitasnya memanfaatkan situasi pandemi yang membuat gaya hidup sebagian masyarakat yang kini lebih sering berada di rumah.

“Teruskan jarang di Bongas ini yang jualan tanaman hias. Punya ibu Ai ini cantik-cantik. Tidak kalah sama yang di pameran-pameran. Karena memang dasarnya hobi dan sudah digeluti sejak lama,” tuturnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *