Bersihkan Sampah Pantai Dadap

oleh -50 views
SAMPAH : Sejumlah elemen masyarakat ikut membersihkan sampah yang ada di sepanjang Pantai Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Minggu (26/9). FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Masih dalam rangkaian World Clean Up Day 2021, Pemerintah Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan bersih-bersih pantai, Minggu (26/9).

Kegiatan yang dipimpin langsung Kuwu Desa Dadap, Asyriqin S Sos, diikuti oleh berbagai elemen masyarakat.

“Selain dalam rangka WCD, kegiatan ini juga dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Indramayu. Karena salah satu unsur dari ‘Bermartabat’ adalah bersih,” terang Asyriqin.

Jalur pantai sepanjang kurang lebih 800 meter, dari taman “Dadap” menuju Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang dipenuhi sampah langsung dibersihkan. Sampah-sampah tersebut selanjutnya dikumpulkan dan dimasukan ke dalam karung.

Asyriqin mengungkapkan, pantai di desanya memang selalu dipenuhi sampah, dimana sebagian besar adalah sampah rumah tangga. Menurutnya, kegiatan pembersihan pantai sudah sering dilakukan.

Namun karena sampah buangan dari kali terus masuk ke pantai Dadap, akibatnya sampah akan terus menumpuk.

“Sampah-sampah ini memang berasal dari saluran (kali) pembuangan, baik yang di sebelah barat maupun timur,” tuturnya.

Asyriqin pun berharap kepada masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan. Yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya.

Dikatakannya, untuk di darat pihaknya sudah menyediakan tempat pembuangan akhir sampah. Sehingga tidak ada warga yang membuang sampah ke laut. Yang menjadi persoalan adalah sampah di laut, yang merupakan sampah kiriman dari kali.

Ketua Panitia, Dedi menyampaikan, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta melakukan kegiatan bersih-bersih pantai.

Menurutnya, kegiatan ini memang banyak mendapt dukungan daru sejumlah elemen masyarakat, khususnya kalangan pelajar dan generasi muda.(oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.