Berawal dari Hobi, RUBI Siapkan Pameran Bonsai Terbesar

oleh -100 views
KOMPAK: Pengurus Rumah Bonsai Indonesia (RUBI) Kabupaten Indramayu foto bersama usai acara pembentukan wadah baru, kemarin.

Bonsai yang awal mula berkembang di Jepang kini sudah menyebar hingga ke berbagai wilayah Indonesia, termasuk Kabupaten Indramayu. Dari sekadar hobi, para pecinta bonsai, akhirnya berhimpun dalam sebuah wadah organisasi. Apa tujuan dan programnya?

UTOYO PRIE ACHDI, Indramayu

SAAT ini para pencinta tanaman bonsai di Kabupaten Indramayu mencapai sekitar 700 orang. Untuk mewadahi para pecinta bonsai, sejumlah orang berinisiatif membentuk kepengurusan Rumah Bonsai Indonesia (RUBI) Kabupaten Indramayu, Minggu (28/3) di LoLo Coffe and Resto Jalan Jenderal Sudirman Indramayu.

Kepengurusan RUBI Kabupaten Indramayu periode 2021-2026 secara resmi dikukuhkan oleh Presiden RUBI Prof DR Zudan Arief Fakrullah SH MH melalui Ketua Harian, Taman. Kepengurusan RUBI Kabupaten Indramayu berjumlah sekitar 25 orang dengan mengakomodir berbagai wilayah di Kabupaten Indramayu.

Ketua Harian RUBI, Taman menjelaskan, dengan terbentuknya kepengurusan RUBI Kabupaten Indramayu maka para pecinta bonsai telah memiliki wadah yang tepat untuk terus mengembangkan berbagai potensi dan kemampuan dalam dunia bonsai.

“Dengan RUBI kita saling bertukar informasi dan kemampuan. Bonsai ini merupakan hobi yang menyenangkan di tengah pandemi dan bisa menghasilkan,” tegas Taman.

Sementara itu, Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Asisten Pemerintahan, Jajang Sudrajat mengatakan, tanaman bonsai bisa menjadi kegiatan yang menarik selama pandemi Covid-19. Pasalnya, kebijakan di rumah saja telah banyak orang yang berkreativitas dengan bonsai.

Menurutnya, bonsai merupakan tanaman yang berukuran kerdil dan mempunyai nilai seni  karena bentuknya yang unik dalam proses pembuatannya.

“Kita sangat apresiasi terhadap para pecinta bonsai di Kabupaten Indramayu. Melihat jumlanya yang sangat banyak, ini potensial untuk terus dikembangkan,” kata Jajang.

Ketua RUBI Kabupaten Indramayu, Wawan Sulistiawan mengatakan, para pecinta bonsai di Kabupaten Indramayu saat ini jumlahnya sangat banyak bahkan mencapai sekitar 700 orang.

Setelah kepengurusan ini terbentuk, selanjutnya segera bergerak melakukan pembinaan kepada para pecinta bonsai.

“Yang juga sangat penting saat ini adalah mempersiapkan pameran bonsai terbesar di Indramayu bertepatan dengan ulang tahun Kabupaten Indramayu bulan Oktober mendatang,” katanya.

Pada kesempatan itu, selain hadir pengurus RUBI Pusat dan Asisten Pemerintahan, turut hadir pula Kepala Dinas Perumahan  Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP), dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *