Bantu PMI, Pramuka Helat Aksi Donor Darah

oleh -146 views
PRAMUKA PEDULI: Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Sukra menggelar aksi donor darah di GOR Desa Sukra, Kamis (27/8). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Sukra menggelar aksi donor darah, Kamis (27/8). Kegiatan ini sebagai salah satu upaya membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Indramayu yang kekurangan stok darah sejak pandemi Covid-19.

Sedikitnya 80 anggota Pramuka ambil bagian dalam aksi bertajuk Pramuka Peduli, di GOR Desa Sukra ini. Mereka bersama anggota TNI, Polri, guru, jajaran pemerintahan dan masyarakat ramai-ramai menyumbangkan darah.

“Mudah-mudahan melalui aksi Pramuka Peduli ini bisa membantu menambah ketersediaan stok darah yang selama ini sangat diperlukan oleh PMI,” kata Ketua Kwaran Pramuka Sukra, Darlim SPdSD.

Dijelaskannya, bakti kemanusiaan ini juga dalam rangka Peringatan Hari Pramuka ke-59 yang mengusung tema ‘Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19’.

Melalui gerakan ini pula, kata Darlim, sebagai salah satu wujud bela negara yang dilakukan oleh Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Sukra. Yakni, menjadi bagian dari pendidikan karakter bagi generasi muda, untuk lebih peduli kepada sesama juga pada kondisi negara dan masyarakat.

“Sejak terjadinya pandemi Covid-19 yang melanda negara kita, gerakan Pramuka selalu tanggap mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya,” tegas Darlim.

Camat Sukra, Drs H Achmad Mansyur MSi memberikan apresiasi atas kepedulian dan inisiatif jajaran kwaran yang tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial. Melalui aksi semacam ini, sangat membantu ketersediaan stok darah di PMI. Terlebih pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Achmad Mansyur yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) turut mengarahkan agar jajaran kwaran maupun guru, aparat pemerintahan untuk ikut berpartisipasi untuk menyumbangkan darahnya. “Satu tetes darah kita sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan. Mudah-mudahan, aksi donor darah dari Kwaran Pramuka ini terus dilaksanakan secara rutin dan konsisten,” tandasnya. (kho)