Bantu Petani, TNI Bangun Sumur Bor

oleh -51 views
TINJAU SUMUR BOR: Danrem 063/SGJ Cirebon, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga KSAP melakukan peninjauan pembangunan sumur bor di Blok Awisan Desa Gantar, Senin (23/11). FOTO: ISTIMEWA

INDRAMAYU-Petani tadah hujan di Desa Gantar, Kecamatan Gantar lagi semringah. Musababnya, persoalan kebutuhan air bagi sawah-sawah mereka bakal tercukupi. Menyusul sedang dilakukannya pembuatan sumur bor oleh prajurit TNI.

Pembangunan sumur bor yang berlokasi di Blok Awisan Desa Gantar itupun langsung ditinjau oleh Komandan Korem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga KSAP, Senin (23/11).

Turut mendampingi, Kasdim 0616/Indramayu Mayor Inf Rukhiyat, Danramil 1615/Haurgeulis Kapten Inf Nakromin serta Kuwu Gantar Manan.

“Pembangunan sumur bor ini sebagai salah satu upaya mencari sumber air baru. Demi membantu ketersediaan air bagi para petani disini yang sawahnya hanya mengandalkan air hujan. Seperti yang kami lihat sekarang, meskipun sudah memasuki musim penghujan, tapi sawah petani belum tergarap karena kekurangan air,” terang Danrem 063/SGJ Cirebon, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga KSAP.

Pekerjaan pengeboran yang dilakukan oleh pasukan Yonzipur-3 Kodam III/Siliwangi itu merupakan bentuk kesigapan TNI yang selalu ingin membantu kesulitan-kesulitan rakyat. Sehingga meski mengalami berbagai kendala, prajurit TNI akan terus bekerja dan berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik buat kepentingan rakyat.

“Berdasarkan hasil pengecekan, pengeboran sudah mencapai 63 meter dari permukaan tanah. Dari target kedalaman 100 meter. Memang ada kendala-kendala teknis. Tapi hambatan ini tidak akan menyurutkan semangat dari prajurit untuk menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas dan berhasil,” tegas Danrem.

Sementara itu, Kuwu Gantar Manan memberikan apresiasi kepada Danrem 063/SGJ dan para prajurit TNI yang terus memperhatikan persoalan masyarakat.

Setelah melalui pelaksanaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Tahun Anggaran 2020 yang baru berakhir padaRabu (21/10) lalu. Kali ini dengan membantu petani. “Pastinya ini akan sangat membantu petani kami. Supaya tidak lagi kelimpungan karena kesulitan air baik dimusim kemarau maupun seperti saat ini,” katanya.

Secara khusus, Kuwu Manan juga menyampaikan terima kasih kepada Panglima Kodam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto. Karena atas perhatian Pangdam, bantuan pembuatan sumur bor langsung diterjunkan dan bahkan dipantau pekerjaannya oleh Danrem 063/SGJ Cirebon, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga KSAP. (tim)