Bambang Bersama BBWS Citarum Cek Kondisi Waduk Cipancuh dan Sungai Cipunegara

oleh -272 views

INDRAMAYU – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum akan melanjutkan revitalisasi Wsduk Cipancuh yang terletak di Desa Situraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu.

Saat ini waduk yang dibangun pada jaman penjajahan Belanda itu mengalami pendangkalan. Sehingga perlu dilakukan pengerukan (normalisasi).

Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Paksanan Air (PJPA) BBWS Citarum, Dani Hamdani
mengatakan, revitalisasi dilakukan untuk mengembalikan wilayah tampungan.

Karena ketersediaan air pada waduk Cipancuh, tidak memberikan secara optimal untuk kebutuhan petani yang sawahnya mengandalkan air dari waduk tersebut. Revitalisasi juga untuk memperkuat tanggul waduk agar tidak terjadi longsor.

Baca juga: Waduk Cipancuh Dikhawatirkan Jebol, Ratusan Warga Mengungsi

“Karena ada titik yang dianggap rawan longsor. Jadi kita perkuat tanggulnya. Pada prinisipnya kita akan melakukan revitalisasi untuk mengembalikan wilayah tampungan,” ujarnya saat meninjau kondisi waduk Cipancuh bersama Anggota Komisi V DPR RI H Bambang Hermanto, SE, Selasa (9/2).

Sementara Bambang mengatakan, normalisasi dan penguatan tanggul merupakan proyek lanjutan yang sebelumnya sudah berjalan.

Dalam pengerukan nanti akan dilakukan perluasan, terutama terhadap titik-titik yang dangkal.

Menurut Bambang, revitalisasi memang harus dilakukan segera, mengingat air pada waduk Cipancuh sangat dibutuhkan oleh petani untuk mengaliri sawahnya. Termasuk mencegah terjadinya longsor pada tanggul yang berdampak banjir.

“Kami Komisi V DPR RI akan membantu merealisasikan upaya perbaikan pada tanggul waduk Cipancuh ini. Karena ini demi kepentingan para petani,” ujarnya.

Selain ke Waduk Cipancuh, anggota dewan dari Partai Golkar Dapil VIII Jabar ini, juga meninjau lokasi banjir di Desa Wanakaya dan Tumaritis.

Di wilayah itu Bambang juga melihat kondisi sungai Cipunegara dan titik tanggul yang jebol.

Bambang mengatakan, bencana banjir menjadikan perhatian serius dirinya atau Komisi V dan Pemerintah.

Masalah banjir yang terjadi di seluruh Indonesia, khususnya Kabupaten Indramayu, Komisi V DPR RI bersama Pemerintah akan melakukan upaya penanggulangannya, diantaranya penanganan pada infrastrukturnya. (kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *