Awasi Politik Uang Jelang Coblosan

oleh -55 views

INDRAMAYU-Sejak memasuki masa tenang hingga H-1 pemungutan suara, Panwascam Sukagumiwang semakin masif mengawasi proses Pilkada Indramayu.

Anggota Panwascam Sukagumiwang, Turadi mengatakan, anggota Panwascam dan pengawas kelurahan desa (PKD) di masa tenang ikut serta menertibkan APK, termasuk yang berada di sekitar permukiman warga.

Selain itu, pihaknya melakukan pengawasan lebih detil yakni mengawasi kegiatan paslon, mengawasi praktik money politics atau politik uang dan kampanye hitam saat di hari tenang.

“Kami melakukan langkah antisipasi untuk menjaga agar tidak terjadi politik uang, kampanye dan kampanye hitam di masa tenang,” ujarnya kepada Radar, Selasa (8/12).

Selain itu, pihaknya juga bertugas melakukan pengawasan dalam pendistribusian logistik Pilkada dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), sampai ke Kelompok Penyelenggara Pemunguran Suara (KPPS).  

Sementara itu, Ketua Panwascam Jatibarang, Nurullah mengatakan, pemantaun Pilkada difokuskan ke PPK, PPS, dan KPPS atau TPS.

Dua hari sebelumnya, lanjut Nurullah, PPK dan petugas gabungan dari Kecamatan Jatibarang melakukan pembersihan APK secara menyeluruh.

Terkait antisipasi money politics dan kampanye hitam, Nurullah menegaskan, Panwascam Jatibarang menyiagakan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) serta Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk selalu memonitoring wilayah tugasnya secara berkeliling dan bekerjasama dengan masyarakat untuk mencegah terjadinya praktik-praktik money politics selama masa tenang.

“Kita semaksimal mungkin mengatisipasi, seperti money politics. Kita imbau PTPS dan PKD selalu waspada dan selalu berkeliling, bila mana ada temuan langsung melaporkan kepada Panwascam, dan akan diteruskan ke Bawaslu agar bisa ditindak,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menyarankan kepada KPPS agar mendirikan tempat pemungutan suara di dalam gedung atau semaksimal mungkin memilih tempat yang aman untuk menjaga keamanan surat suara dan perlengkapan lainnya. Mengingat, kata Nurullah, kondisi Kabupaten Indramayu selalu diguyur hujan yang diseratai angin kencang selama dua hari ini. “Semoga proses Pilkada bisa berjalan lancar tanpa kendala apapun. Khusus petugas PTPS gunakan masker, terapkan prokes, PKD juga dibekali baju hazmat,” ujarnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *