Atasi Genangan Air, Swadaya Kuras SPAL

oleh -385 views
NORMALISASI: Alat berat beko melakukan normalisasi SPAL di Jalan Siliwangi Jatibarang. Langkah tersebut merupakan swadaya dari Pemdes dan Muspika Jatibarang untuk mengatasi genangan air di Jalan Siliwangi. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Untuk mengatasi genangan air di Jalan Siliwangi yang berasal dari limpasan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL), pemdes bersama Muspika Jatibarang secara swadaya mengurasnya, Jumat (14/2).

Kuwu Jatibarang, Agus Darmawan menyampaikan normalisasi SPAL di Jalan Siliwangi yang merupakan jalan lintas provinsi dilakukan menyusul banyak keluhan dari pengguna jalan. Termasuk pelaku usaha di Jatibarang yang ada di sepanjang Jalan Siliwangi. Lokasi jalan tersebut merupakan kewenangan dua instasi yang berbeda, yaitu Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat dan kawasan dan permukiman rakyat (kimrum).

Banyaknya keluhan dari masyarakat, dan waktu pelaksanaan perbaikan dari instansi terkait masih membutuhkan waktu lama, sehingga segera mengambil tindakan melakukan penanganan sementara secara swadaya melibatkan semua elemen baik, dari pemerintahan dan masyarakat sekitar.

Kondisi saluran yang sudah tertutup bangunan permanen menjadi salah satu kendala menjalankan proses pengerjaan normalisaai atau pengurasan saluran.

“Sebelumnya berkoordinasi dengan semua komponen, pemilik tempat usaha, PT KAI, dan bantuan UPTD Bina Marga Provinsi Jawa Barat yang menyediakan alat berat untuk menguras sendimentasi di saluran yang tertutup. Sehingga aliran air tersumbat. Kami akan terus berupaya agar saluran pembuangan bisa lancar dan tidak lagi menimbulkan genangan air di jalan raya,” ujarnya.

Camat Jatibarang Indra Mulyana S Ap MSi mengatakan, normalisasi saluran pembuangan di Jalan Siliwangi merupakan bentuk koordinasi yang dijalin muspika dan Pemerintah Desa Jatibarang, serta dukungan dari UPTD Bina Marga Provinsi Jabar. Kegiatannya dilakukan swadaya. (oni)