Al Urwatul Wutsqo Juara OPOP Jawa Barat, Kelola Usaha Susu Kambing Etawa

oleh -202 views
SUSU KAMBING: Marsani tengah memerah susu kambing Etawa, usaha yang saat ini ditekuni Ponpes Al Urwatul Wutsqo Indramayu. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo yang terletak di Desa Terusan Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu berhasil meraih juara program One Pesantren One Product (OPOP), untuk kategori produk minuman, yaitu susu kambing Etawa.

Menurut Marsani, pengelola usaha Susu Kambing Etawa Al Urwatul Wutsqo, usaha ini sebenarnya sudah dimulai ketika kegiatan One Pesantren One Product (OPOP) tahun 2019 diluncurkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Namun sempat terganggu dengan adanya pandemi Covid-19, dan saat ini mulai kembali menggeliat.

“Sekitar dari tiga bulan lalu kita mulai aktif kembali,” tutur Marsani, Jumat (25/12).

Usaha ini awalnya dirintis oleh pesantren. Kemudian ketika ada program OPOP, mendapatkan bantuan dari Gubernur Jawa Barat. Saat ini jumlah kambing Etawa yang dimiliki ada 35 ekor, dan mampu menghasilkan susu kambing dalam sehari 15-20 liter.

Produk susu tersebut dipasarkan ke sejumlah warung di Indramayu hingga Purwakarta. Adapun harga jual untuk konsumen perseorangan Rp30 ribu per liter, dan untuk pedagang yang akan dijual kembali dihargai Rp25 ribu per liter.

Pengasuh Ponpes Al Urwatul Wutsqo Indramayu, Agung Mardianto menjelaskan, Program One Pesantren One Product (OPOP) bertujuan untuk menciptakan kemandirian umat melalui para santri, masyarakat dan pondok pesantren itu sendiri.

Diharapkan mereka mampu mandiri secara ekonomi, sosial dan juga untuk memacu pengembangan skill, teknologi produksi, distribusi, pemasaran melalui sebuah pendekatan inovatif dan strategis dari Pemprov Jabar bersama Dinas KUKM Provinsi Jawa Barat. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *