Akhirnya, Indramayu Miliki Embarkasi Haji

oleh -307 views
EMBARKASI:Bangunan Embarkasi Haji Indramayu sudah berdiri di Jalan Raya Lohbener Kabupaten Indramayu, kemarin. Pembangunan ini baru tahap pertama. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Impian Kabupaten Indramayu untuk memiliki embarkasi haji akhirnya menjadi kenyataan. Meski masih belum sempurna, bangunan Embarkasi Haji Indramayu telah berdiri. Lokasinya di Jalan Raya Lohbener Kabipaten Indramayu.

Jika kita melintasi jalur pantura Indramayu dari arah Cirebon menuju Jakarta, bangunan megah tersebut berada di sebelah kanan jalan, diatas lahan seluas 7,8 hektare.

Pembangunan Embarkasi Haji Indramayu sekaligus memutus harapan Kabupaten Majalengka, yang sempat mengusik agar pembangunannya digeser ke Majalengka.

Rencananya Embarkasi Haji Indramayu akan dibangun empat lantai dengan kapasitas 400 kamar. Selain itu akan dilengkapi dengan sarana pendukung seperti masjid dan rumah sakit.

Saat ini baru selesai pembangunan tahap pertama, dan masih menunggu lelang pembangunan tahap kedua. Untuk sementara baru dibangun kantor embarkasi dengan aula dua lantai, gudang penyimpanan koper jamaah, dan asrama dengan  kamar baru dibangun 30 unit. Jumlah ini tenyu masih jauh dari rencana.

“Untuk sementara memang baru dibangun ruang kantor, aula, gudang, dan 30 kamar asrama,” kata Kepala Asrama Embarkasi Haji Indramayu, H Sofandi, Jumat (19/3).

Sementara Kasie Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu, H Munir Huda mengatakan, kuota normal calhaj Kabupaten Indramayu tahun ini sebanyak 1773 orang.

Tetkait kepastian keberangkatan calon haji tahun ini, Munir mengatakan bahwa sampai saat ini masih belum ada keputusan. Termasuk soal penggunaan Embatkasi Haji Indramayu, sampai saat ini masih belum ada pernyataan resmi dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *