Akamigas Balongan Indramayu Cetak Lulusan Andal, Siap Bersaing di Era Digitalisasi dan Cociety 5.0

oleh -102 views
Direktur Akamigas Balongan Indramayu, Ir Hj Hanifah Handayani MT.

SEBANYAK 330 mahasiswa Akamigas Balongan Indramayu yang terdiri dari tiga program studi (Prodi) yakni Prodi Teknik Perminyakan sebanyak 161 orang, Prodi Fire and Safety sebanyak 110 orang, dan Prodi Teknik Kimia sebanyak 59 orang diwisuda, Sabtu (12/12).

Prosesi wisuda yang bertempat di Hotel Aston Cirebon akan berbeda dengan prosesi wisuda di tahun sebelumnya, karena menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pada wisuda ke-17 ini Akamigas Balongan mengusung tema siap bersaing di era digitalisasi dan society 5.0 untuk Indonesia lebih maju.

Ketua Panitia Wisuda ke-17 Akamigas Balongan Dedy Kusnaendar SE MSi mengatakan, sebagai perguruan tinggi di Kabupaten Indramayu, Akamigas Balongan berkomitmen terus berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara dengan mencetak lulusan andal, memiliki sumber daya manusia yang siap bersaing di era digitalisasi, dan society 5.0.

“Upaya Akamigas Balongan meningkatkan kualitas mutu lulusan, telah kita lakukan semua selama ini. Meskipun di masa pandemik tidak menghentikan Akamigas Balongan untuk terus meningkatkan mutu lulusannya,” terangnya.

Sebagai upaya Akamigas Balongan dalam mencetak lulusan yang memiliki sumber daya manusia (SDM) berkualitas, mudah diserap pangsa pasar di sektor industri atau perusahan migas dan non migas, baik dalam maupun luar negeri. Melalui program praktik lapangan atau kunjungan industri di berbagai perusahaan. Dan, pada jelang semester akhir mahasiswa mengikuti ujian komprehensif dengan diuji dosen-dosen praktisi yang berkompeten pada setiap program studi (Prodi).

“Mengenai kualitas lulusan, dibekali 5 sertifikat keahlian yang menjadi bukti bahwa lulusan kami memiliki kompetensi di bidang akademik, dan life skill-nya juga. Sehingga lulusan kami siap kerja, dan dibekali juga kemampuan berbahasa Inggris, yang menjadikan lulusan kita bisa diterima di semua leading sektor perusahaan. Bahkan perusahan lokal, dan nasional setiap tahunnya selalu meminta lulusan kami,” paparnya. 

Direktur Akamigas Balongan Indramayu, Ir Hj Hanifah Handayani MT didampaingi Ketua Yayasan Bina Islami Indramayu, Drs H Nahdudin Islami MSi mengatakan, Akamigas Balongan Indramayu telah mempersiapkan para lulusannya untuk menghadapi era digitalisasi, dan society 5.0.

Di masa sulit pandemik Covvd-19 tak menjadi halangan bagi Akamigas Balongan untuk memberikan pendidikan terbaiknya agar dapat menunjang proses pendidikan berjalan lancer. Melalui kerja sama yang dibangun dengan salah satu perusahan asal Korea membuat domain aplikasi sendiri sebagai langkah memperlancar kegiatan pembelajaran mata kuliah secara virtual selama masa pandemi.

“Menghadapi era digitalisasi dan society 5.0 Akamigas Balongan telah mempersiapkan semua, terlebih di masa sulit pandemi ini, mahasiswa kami dibekali materi, praktik, dan life skill yang mumpuni sehingga miliki keahlian pada program studinya,” terangnya. 

Selain itu, mahasiswa dibekali sikap (attitude) yang baik, dan kemahiran berbahasa inggris mumpuni dengan program ektrakurikuler yang wajib diikuti setiap mahasiswa selama dua semester di English Village.

Adapun yang ditekankan dalam ekstrakulikuler wajib ini yakni conversation dan job interview. Selain itu bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai legalitas lulusan Akamigas Balongan memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing sesuai program studinya. 

Kemudian Akamigas Balongan Indramayu memiliki pusat informasi pekerjaan bagi lulusan yakni Carier Development Centre (CDC) yang bertugas mendata seluruh lulusan, menertibkan kartu lulusan, serta membantu para lulusan dalam membuat kartu kuning. Selain itu, meminta penilaian tingkat kepuasan dari perusahaan atau industri yang merekrut lulusan Akamigas Balongan.

“Bisa berkiprah di dunianya masing- masing sesuai bidangnya masing- masing, dimasa pandemi ini, memiliki semangat juang tinggi tidak kendor, bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara,” harapnya. (oni/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *