Air Masuk Pemukiman, Warga Kertasemaya Panik Kemasi Barang

oleh -315 views
banjir-sungai-cimanuk-indramayu
Warga Kertasmaya berkemas karena khawatir terjadi banjir akibat luapan Sungai Cimanuk. Foto: Anang Syahroni/Radar Indramayu

INDRAMAYU – Sungai Cimanuk meluap dan air mulai ke permukiman. Warga khawatir terjadi banjir, terutama di Desa Tulungagung dan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, Jumat hari ini (26/2/2021).

Camat Kertasemaya, Ade Sukma Wibowo mengatakan masuknya air luapan Sungai Cimanuk berasal dari pintu klep saluran Sungai Cimanuk di Desa Tulungagung yang berbatasan dengan Desa Bangodua yang jebol.

Baca juga: Atap Rumah Kontrakan Diterjang Puting Beliung

“Saya lagi ada di lokasi meninjau lokasi dan klep yang jebol, sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, pemdes dan warga diminta selalu siaga,” ucap Ade saat dihubungi Radar Indramayu.

Sementara itu, Sekdes Kertasemaya, Widy Santosa mengatakan mulai masuknya air dari saluran pintu kelep yang rusak, telah masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 14:30 Wib di Blok Tanjung.

Baca juga: Bertambah 9 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

Debit air sih turun yang sebelumnya diatas 800 m3/detik, sekarang 700 m3/detik. Sedangkan waktu banjir 8 Februari 2021 yang membanjiri sebagian besar wilayah Kecamatan Kertasemaya debit air di atas 1.000 m3/detik.

“Dua jam lagi akan nurun, tetapi kita pemdes siap siaga, warga juga diminta lebih bersiap-siap,” ujarnya.

Saat ini ketinggian air di permukiman warga Kertasmaya sudah hampir sebetis orang dewasa. Meski debit air di sungai terus menurun. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.