Agrowisata Mangga Jadi Destinasi Wisata, Gedong Gincu Milik Indramayu

oleh -554 views

INDRAMAYU – Bupati Hj Nina Agustina Dai Bachtiar SH MH CRA, didampingi anggota Komisi V DPR RI, Dedi Wahidi SPd, melakukan kunjungan kerja ke agrowisata Indeamayu Mango Farm (IMF), di Desa Rancasari, Kecamatan Bangodua, Selasa (19/10). Ia mempunyai keinginan akan tumbuhnya sekor pariwisata di Indramayu.

Salah satunya adalah agrowisata petik mangga sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan. Sebab, Indramayu selama ini dikenal sebagai Kota Mangga yang dikenal dengan gedong gincu nya. Diakuinya mangga gedong gincu sebagai kekayaan alam Indramayu dan sudah mendapat perlindungan hukum indikasi geografis

Pernyataan itu disampaikan Bupati Nina saat mengunjungi agrowisata Indramayu Mango Farm (IMF) dan tidak boleh daerah lain mengklaim hasil mangga gincu daerahnya.

Nina sendiri mengaku terkesan saat berada di wisata petik mangga IMF. Pemandangan hijau dan buah mangga yang matang di pohon membuat dirinya betah berada di agrowisata tersebut.

“Keren banget dan saya harap bisa terus dikembangkan supaya menjadi destinasi wisata unggulan Indramayu,” ujar Nina.

Sementara itu, Cashuri selaku pengelola Indramayu Mango Farm (IMF) Camping Ground and Edu Tourism, menjelaskan, IMF merupakan perpaduan antara wisata, edukasi dan juga pengembangan sektor pertanian.

Terlebih, Indramayu merupakan daerah yang terkenal sebagai penghasil buah mangga terbaik di Indonesia.”Yang jelas nanti kita kembangkan jenis mangga andalan dari Indramayu,” ujar Cashuri.

Cashuri menguraikan, agrowisata IMF dimulai sejak tahun 1996 dan baru tahun ini dibuka sebagai destinasi wisata.

Di lahan seluas 12 hektar tersebut terdapat 1.400 pohon mangga jenis gedong gincu, cengkir dan harum manis. Pengunjung dapat langsung memetik dan menikmati buah mangga di bawah pohon.

“Untuk sekarang dari bulan April sampai Desember bisa panen setiap hari, dan ke depan sepanjang tahun bisa terus nyambung ketersediaan buahnya,” ujar Cashuri

Cashuri menambahkan, selain buah mangga segar, pengunjung juga dapat membawa oleh-oleh berupa aneka olahan buah mangga. Diantaranya keripik mangga, dodol mangga, minuman segar serta kue basah berbahan dasar mangga.(dun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.