9 Positif Corona, 1 Meninggal, Muncul Kluster Ziarah

oleh -111 views
TES SWAB MASAL: Puluhan warga Desa Kopyah Kecamatan Anjatan menjalani tes swab masal, Rabu (13/1). Swab dilakukan setelah 9 warga peserta ziarah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Kluster baru penularan Covid-19 muncul di wilayah Kabupaten Indramayu bagian barat (Inbar). Yakni Kluster ziarah. Kluster ini muncul setelah 9 warga di Desa Kopyah, Kecamatan Anjatan dinyatakan positif terinfeksi virus corona .

Mereka sebelumnya diketahui baru pulang dari ziarah kubur ke sejumlah daerah. Mulai Cirebon, Ciamis dan Kuningan. Dari sembilan warga itu, satu orang diantaranya meninggal dunia. Satu warga menjalani perawatan di RS dan sisanya isolasi mandiri.

Informasi dihimpun, warga yang meninggal dunia bernama Ny Mas (63). Berdasarkan riwayat perjalanannya, ia baru pulang usai mengikuti ziarah keluar daerah pada pekan terakhir Desember 2020 lalu. Bersama puluhan warga lainnya yang rata-rata berusia di atas 50 tahun. Rombongan ziarah menggunakan satu unit mobil bus.

Belakangan diketahui, kegiatan ziarah tersebut juga tidak mengajukan izin terlebih dahulu ke pihak desa.

Sepulang ziarah, kondisi kesehatan Ny Mas drop. Lantas dilarikan ke RS. Setelah menjalani tes Swab, diketahui terkonfirmasi positif Covid-19. Hingga akhirnya wafat pada Sabtu (9/1) kemarin.

Dua hari kemudian atau Senin (11/1), tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 Kecamatan Anjatan langsung melakukan tracing, tracking dan testing swab PCR terhadap kontak erat. Di UPTD Puskesmas Anjatan. Hasilnya 8 warga ikut terpapar virus corona.

Selanjutnya, swab tes kembali dilaksanakan pada Rabu (13/1). Terhadap sebanyak 44 warga yang kontak erat. Bertempat di halaman Musala At Taqwa, Blok Kebun Waru RT 02 RW 02. Tidak jauh dari rumah warga yang meninggal terkonfirmasi positif.

Pelaksanaan tes swab masal mendapat pengamanan dari pihak kepolisian dan TNI. “Baru 44 orang yang tes swab. Mayoritas anggota keluarga terdekat, atau orang yang serumah dengan yang sudah terkonfirmasi positif, tetangga dan jamaah musala. Untuk rombongan ziarah, akan di swab besok (hari ini, red),” jelas Kepala UPTD Pukesmas Anjatan, H Aco Sugiarto SKM.

Berdasarkan hasil tracing dan tracking, kondisi kesehatan ke-44 warga tersebut dalam kondisi baik. Tidak ada yang mengeluh sakit dengan gejala mirip Covid-19. Namun demikian, pihaknya meminta mereka untuk melakukan isolasi mandiri sampai hasil tes swab keluar hari ini. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *