3 Kapal Hancur Diterjang Ombak , Satu Nelayan Sempat Hilang

oleh -75 views
TERDAMPAR: KM Safinah Najah terdampar setelah diterjang ombak di Muara Eretan, Senin (7/12). Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. FOTO: KOMARUDIN KURDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Dua kapal motor dan satu perahu nelayan hancur diterjang ombak di Perairan Kandanghaur dan Patrol.

Dalam kejadian itu, para Anak Buah Kapal (ABK) atau nelayan dilaporkan selamat. Sebelumnya satu ABK dari Kapal Motor (KM) Harmoni Jaya 3 sempat dilaporkan hilang.

Keterangan diperoleh Radar Indramayu, KM Safinah Najah GT 29 yang dinahkodai Cahyadi (29) warga Desa Bulak, Kecamatan Kandanghaur di hantam ombak ketika hendak memasuki muara Eretan, Senin (7/12) sekitar pukul 10.00 WIB.

Akibat terjangan ombak besar tersebut, lambung kapal pecah lalu terhempas dan terdampar di bibir pantai. Sementara 9 ABK dan nahkodanya selamat ditolong warga.

Di hari yang sama kecelakaan serupa juga menimpa perahu nelayan Desa Bugel, Kecamatan Patrol. Perahu milik Dila (40) membawa tiga orang nelayan disapu ombak saat hendak memasuki Muara Bugel.

Perahu yang hendak pulang sehabis menjaring ikan itu diterjang ombak besar sekitar pukul 09.00 WIB. Beruntung, ketiganya berhasil menyelamatkan diri. Sementara perahunya hancur tak berbentuk

Ino (35) seorang nelayan mengatakan, saat perahu tersebut akan memasuki Muara Bugel turun hujan disertai angin kencang. Tiba-tiba datang ombak besar kemudian menyapu perahu. Tiga orang nelayan yang ada diperahu tersebut sempat berusaha mengendalikan perahu untuk masuk ke muara. Namun, upayanya sia-sia, karena lambung perahu tiba tiba pecah.

Sebelumnya, Minggu (6/12), Kapal Harmoni Jaya 3 asal Muara Angke, Jakarta Utara tenggelam diterjang ombak besar pada saat sedang lego jangkar di Perairan Sumber Mas, Desa Ilir, Kecamatan Kandanghaur, sekitar pukul 15.30 WIB. Sebanyak sepuluh ABK dan seorang nahkodahnya berhasil selamat.

Saat kapal akan tenggelam sembilan ABK dan Nahkoda kemudian keluar menyelamatkan diri berenang menuju kedarat dengan menggunakan perangkat kapal yang ada. Sementara satu ABK tetap bertahan di kapal.

ABK yang bertahan di kapal bernama Riyansyah (32) warga Desa Kepandean, Blok Gardu listrik,Kecamatan/Kabupaten Indramayu, itu sempat dilaporkan hilang. Riyansyah ditemukan terdampar di bibir pantai perairan wilayah Cantigi.

Komandan Kapal VIII-1006 Ditpairud Polda Jabar Pos Eretan Wetan, Bripka Masnudin, membenarkan kejadian kecelakaan laut tersebut. Kecelakaan yang menimpa kapal nelayan akibat diterjang ombak. Masnudin mengatakan, seorang ABK KM Harmoni Jaya 3 yang sebelumnya dilaporkan hilang sudah ditemukan.  

“ABK bernama Riyansyah tersebut ditemukan oleh penjaga empang. Korban ditemukan tergeletak di bibir pantai dalam kondisi lemas, Minggu malam sekitar pukul 19.30 WIB. Korban berhasil selamat setelah berenang dengan memakai bantuan tutup palka kapal. Sempat terombang ambing dan terbawa arus ombak hingga ke wilayah Cantigi,” ujarnya didampingi Kapten Kapal Patroli 2471 Satpolair Polres Indramayu, Aiptu Dirman.

Masnudin mengimbau nelayan untuk sementara tidak menjaring ikan. Karena dengan kondisi cuaca laut yang saat ini kurang bersahabat dapat membahayakan para nelayan. (kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *