oleh

Kembangkan Desa Wisata Pantai Tirta Ayu

-Indramayu-70 views

INDRAMAYU-Kabupaten Indramayu memiliki pantai yang cukup panjang. Banyak yang dijadikan objek wisata. Salah satu objek wisata tersembunyi yaitu Pantai Tirta Ayu.

Sempat ditutup cukup lama akibat abrasi pantai, kini masyarakat Indramayu dapat kembali berekreasi di pantai yang ada di Desa/Kecamatan Balongan ini.

Berangkat dari keprihatinan akan kondisi pantai yang awalnya tidak terawat akibat abrasi, salah seorang warga, Gunawan (33), inisiatif melakukan perbaikan secara swadaya bersama warga Desa Balongan.

Melihat potensi pantai sebagai lokasi wisata untuk masyarakat sekitar, Gunawan melakukan bersih-bersih pantai dan membuat gapura sederhana sebagai pintu masuk Pantai Tirta Ayu dengan bahan seadanya.

Kemudian di tahun 2017, Pantai Tirta Ayu beralih menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikelola Desa Balongan. Namun, pembenahan belum dapat dilakukan secara maksimal. Padahal, mereka berharap Pantai Tirta Ayu bisa kembali seperti dulu, sebelum dihantam abrasi.

Harapan Gunawan dan warga Desa Balongan pun terjawab. Di tahun 2020 ini, PT Pertamina (Persero) melalui Integrated Terminal Balongan telah secara bertahap mengembangkan lokasi Pantai Tirta Ayu menjadi sebuah desa wisata yang dikenal dengan Dermayu (Desa Wisata Pantai Tirta Ayu).

Unit Manager Communication, Relations & CSR Marketing Operation Region III Eko Kristiawan mengatakan, pihaknya bergerak membantu mengembangkan potensi wisata dan penghijauan lingkungan di sekitar wilayah operasi Integrated Terminal Balongan.

“Tahun 2020 ini merupakan tahap pertama pengembangan program Dermayu. Kami fokus pada penghijauan melalui penanaman 2.000 pohon cemara di sepanjang pesisir Pantai Tirta Ayu. Serta perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana dasar untuk lokasi wisata. Seperti pengadaan tempat sampah dan area bermain, yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan,” jelasnya.

Pertamina melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), berkomitmen untuk terus mendukung pelestarian lingkungan dan mendorong kemandirian masyarakat di sekitar wilayah operasinya. Seperti di wilayah pesisir Balongan.

Eko menambahkan, selain rusaknya area bibir Pantai Tirta Ayu, abrasi juga berdampak besar pada ekosistem pantai. Hal ini pun turut mempengaruhi mata pencaharian nelayan di wilayah Pantai Tirta Ayu.

“Melalui program Dermayu ini, kami ingin membantu menghidupkan kembali daerah wisata potensial yang ada di Balongan. Sehingga selain melestarikan lingkungan pesisir pantai melalui penghijauan, program ini dapat menciptakan peluang ekonomi baru yang dapat dikelola oleh masyarakat setempat,” ujar Eko.

Adapun program Dermayu diresmikan langsung oleh Integrated Terminal Manager Balongan Ahmad Yani Lauma pada Rabu (18/11) di Balai Desa Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Turut hadir untuk meresmikan program tersebut, Camat Balongan Udi Mashudi beserta perangkat Desa Balongan. “Semoga program Dermayu ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan memajukan ekonomi di Balongan,” ujar Udi. (oet)

News Feed