oleh

Sosialisasi Prokes lewat Wayang Kulit

-Indramayu-73 views

INDRAMAYU-Berbagai cara terus dilakukan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Losarang untuk mengajak masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Seperti dengan memberikan imbauan sekaligus sosialisasi yang dikemas dengan pagelaran wayang kulit. Cara itu dilakukan bersamaan dengan kegiatan pesta adat ngunjung Buyut Buntu di Desa Pegagan. Kapolsek Losarang, Kompol H Mashudi SH MH tampil sebagai dalang dadakan.

Selain mengenai disiplin protokol kesehatna (prokes) Covid-19, disampaikan pula pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat oleh Camat H Suratno Sukarja SAg MSi serta Danramil 1611/Losarang, Kapten Inf Sugiyanto.

“Kami mensosialisasikan prokes Covid-19 ini dengan beragam metode. Salah satunya melalui media kesenian tradisional wayang kulit. Mudah-mudahan metode ini lebih menyegarkan dan menggembirakan serta menghibur,” terang Kapolres Indramayu, AKBP Hapidh Susilo Bambang SIK melalui Kapolsek Kompol H Mashudi.

Cara ini pula sebagai upaya mengotimalkan media tradisional dalam diseminasi informasi pesan Kamtibmas kepada masyarakat. Adapaun pesan yang disampaikan diantaranya mengajak masyarakat untuk menerapkan 3M.

Yakni memakai masker yang baik dan benar, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir dan menjaga jarak aman minimal satu meter.

Menghadapi Pilkada Indramayu 2020, Forkompimcam Losarang mengimbau masyarakat untuk tetap menjunjung nilai-nilai persatuan dan perdamaian meski dihadapkan beda pilihan. Hindari penyebaran hoax melalui medsos.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk secara gotong royong membersihkan sampah di saluran air guna mengantisipasi musibah banjir,” kata Kompol Mashudi. (red)

News Feed