oleh

PK PPDI Kertasemaya Dikukuhkan

-Indramayu-131 views

INDRAMAYU- Pengurus Kecamatan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PK PPDI) Kertasemaya dikukuhkan, Kamis (12/11), di Aula Desa Tegalwirangrong.

Perwakilan perangkat desa dari 13 desa di Kecamatan Kertasemaya itu dilantik menjadi pengurus, dan semua perangkat desa diberikan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD).

Ketua Umum PPDI Kabupaten Indramayu  Amirudin menegaskan, pelantikan dan pengukuhan pengurus PK PPDI tingkat kecamatan adalah upaya untuk melindungi dan sebagai bentuk legalitas perangkat desa.

Sehingga, kata Amirudin, perangkat desa merasa terlindungan akan hak-hak dan mewajibannya sebagai perangkat desa.

“Sebenarnya PPDI Nasional telah ada beberapa tahun lalu, Indramayu baru terbentuk pada 2019, dan sekarang kita fokus pembentukan pengurus kecamatannya baru sekitar 27 PK terbentuk tinggal 4 kecamatan lagi,” ucap Amirudin seusai pelantikan.

Dijelaskannya, PPDI adalah wadah perjuangan dan penampung aspirasi perangkat desa, terutama akan hak dan kewajiban sebagai perangkat desa, yang hak-haknya seakan dilupakan.

Padahal, menurutnya perangkat desa tulang punggung demokrasi, tulang punggung suksesnya program pembangunan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah, dan tulang punggung pelayanan masyarakat.

“Dalam Perbup Nomor 30 tahun 2020, diatur bahwa kuwu tidak dapat memberhentikan pamongnya secara semena-mena, ada mekanismenya dan ada ketentuan ketika berhentikan pamongnya, bukan lagi antara suka atau tidak suka, semua diatur dalam peraturan bupati ini,” ujarnya.

Pihaknya akan siap membantu perangkat desa yang apabila dihentikan tanpa alasan yang jelas. “Jika iya ada, kita PPDI akan membantu mengadvokasinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PK PPDI Kertasemaya Ahmad Aditya mengatakan sebagai perangkat desa, adanya PPDI perangkat desa di Kabupaten Indramayu, khususnya di Kecamatan Kertasemaya, perangkat desa merasa lebih terlindungi, dan masa depan perangkat terhadap hak dan kewajibannya lebih terlindungi.

“Lebih merasa terlindungi, dan aspirasi kita sebagai pamong atau perangkat desa akan nasib kita di masa depan juga akan diperhatikan, PPDI bisa juga sebagai wadah perjuangan kita semua sebagai perangkat desa,” tandasnya. (oni)

News Feed