oleh

Ratnawati Sebut UMKM Indramayu Sangat Prospektif

INDRAMAYU-Pasangan calon bupati dan wakil bupati Indramayu nomor urut 1, Sholihin- Ratnawati (Sholawat) siap untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indramayu.

Pasalnya, UMKM merupakan usaha yang mampu bertahan ditengah krisis, termasuk disaat pandemi Covid-19 ini.

Hal tersebut disampaikan calon wakil bupati pasangan Sholawat, dr Hj Ratnawati, usai acara Dialog UMKM bersama Ketua DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI, Jumat (6/11), di Rumah Perjuangan Sholawat, Jl Letnan Joni Jatibarang.

KESENIAN KHAS : Kedatangan Gus AMI di Rumah Perjuangan Sholawat di Jatibarang disambut kesenian khas Indramayu, Berokan.

Ratnawati mengungkapkan, kondisi UMKM secara umum saat ini memang masih bertahan. Meski demikian mereka mengaku mengalami penurunan penjualan akibat pandemi Covid-19 dan memang sangat membutuhkan bantuan pemerintah.

“Saya sempat turun ke lapangan dan UMKM memang mengalami penurunan omzet di tengah pandemi, dan sangat membutuhkan bantuan,” ungkap istri anggota DPR RI Dr H Herman Khaeron MSi ini.

PRODUK LOKAL: Cak Imin alias Gus AMI melihatlihat produk UMKM Indramayu.

Ratnawati mengatakan, UMKM di Kabupaten Indramayu sangat beragam dan prosepektif untuk dikembangkan. Karena mereka rata-rata sudah memiliki branding, dan kemasannya juga tidak kalah dengan produk-produk yang ada di pasar modern.

Ditambahkannya, Partai Demokrat sendiri sebagai salah satu partai pengusung Sholawat, sudah memberdayakan sekitar 60 UMKM di Kabupaten Indramayu. Melalui pembinaan tersebut, UMKM juga dibantu permodalan dan pemasarannya, agar terus maju dan berkembang.

Calon bupati pasangan Sholawat, Muhammad Sholihin menambahkan, pihaknya memang sudah memiliki program untuk pengembangan UMKM di Indramayu kedepan. Yaitu dengan adanya “Kartu UMKM” bersama kartu lainnya seperti “Kartu Petani dan Nelayan” dan “Kartu Guru Ngaji”.

Menurutnya, dengan Kartu UMKM nantinya para pelaku UMKM akan mendapatkan bantuan atau stimulus. “Insya Allah kalau pasangan Sholawat menang, UMKM di Indramayu akan berkembang,” tegas Ketua DPC PKB Indramayu ini.

Sementara Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus AMI mengungkapkan, di masa sulit pandemi Covid-19 ini, peran UMKM memang sangat besar. Karena, UMKM memang cukup tangguh dan menjadi penopang perekonomian masyarakat menengah ke bawah.

“Di masa pandemi ini UMKM memang mengalami penurunan penjualan. Tapi mereka masih mampu bertahan dan menjadi andalan dalam peningkatan perekonomian di masa pendemi ini,” kata Cak Imin, sapaan akrabnya.

Dalam acara Dialog UMKM bersama Cak Imin tersebut, juga dipamerkan aneka produk UMKM kkhas Indramayu. Mulai dari Batik Paoman, Dodol Karangampel, Dodol Mangga, Sirup Mangga, serta berbagai macam makanan kemasan khas Indramayu yang cukup banyak jumlahnya. (tim)

News Feed