oleh

Nominal Bantuan Turun, Jumlah Penerima Tambah

-Indramayu-132 views

Bantuan Sosial Provinsi (Banprov) tahap ketiga dilaunching di Kantor Pos Indramayu, Selasa (27/10). Untuk menghindari kerumunan karena pandemi Covid-19, penyaluran bantuan diantar langsung kepada penerima manfaat.

UTOYO PRIE ACHDI, Indramayu

SECARA simbolis, Pjs Bupati Indramayu Bambang Tirtoyuliono melaunching penyaluran itu.Tampak mendampingi Kepala Kantor Pos Indramayu, Tatang Lasmana, Aam Aminah dari Dinas Sosial Kabupaten Indramayu, dan sejumlah pejabat provinsi.

Kepala Kantor Pos Indramayu, Tatang Lasmana menjelaskan, untuk distribusi banprov ini menggunakan beberapa cara. Ada yang diantar petugas pos, ojek online, dan ada juga yang dikelola unsur pemuda seperti KNPI.

“Sesuai peraturan gubernur, mereka yang terdampak Covid-19 bisa dilibatkan dalam pendistribusian banprov. Jadi kami juga melibatkan ojek online,” ujar Tatang.

Sementara itu, untuk penyaluran tahap ketiga agak berbeda dibanding penyaluran pada tahap pertama dan tahap kedua. Untuk bantuan tunai yang disalurkan mengalami pengurangan dari sebelumnya Rp 150 ribu menjadi Rp 100 ribu. Sedangkan bantuan non tunai dari semula Rp 350 ribu menjadi Rp 250 ribu. Secara kumulatif, total nominal bantuan yang diberikan kepada masyarakat pada tahap ketiga ini senilai Rp 350 ribu. “Ada penurunan dari total nominal bantuan sebelumnya yang senilai Rp 500 ribu,” kata Pjs Bupati Indramayu, Bambang Tirtoyuliono.

Adapun bantuan non tunai yang diberikan terdiri dari 10 item, beras kualitas premium 5 kilogram, susu 5 pcs, garam 500 gram, vitamin C 1 botol, sarden 5 pcs, kornet 1 pcs, gula 1 kilogram, minyak goreng 1 liter, masker 4 pcs, dan goody bag.

Bambang menjelaskan, alasan nominal bantuan berkurang dikarenakan defisit anggaran yang dialami oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Total di Jawa Barat ada sebanyak 1,9 juta keluarga rumah tangga sasaran (KRTS) yang mendapat bantuan, sedangkan bantuan untuk Kabupaten Indramayu ada sebanyak 54.838 KRTS.

Meski nominal bantuan berkurang. Jumlah KRTS yang mendapat Banprov tahap ketiga di Kabupaten Indramayu meningkat drastis dibanding penyaluran pada tahap-tahap sebelumnya yang hanya sekitar 22 ribu KRTS saja. (*)

News Feed