oleh

KH Amani Ajak Refleksi Nilai-nilai Santri

-Indramayu-144 views

INDRAMAYU- Tanggal 22 Oktober menjadi momentum Hari Santri Nasional, KH Amani Luthfi Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlotul Mubtadiin Al Islamy Desa Pekandangan Jaya Kecamatan Indramayu mengajak merefleksikan nilai-nilai santri bagi masyarakat Kabupaten Indramayu secara keseluruhan, (22/10).

“Hari Santri 2020 dalam siatuasi yang tidak mengenakkan. Mengingatkan kita akan sebuah keadaan masa lalu dalam titik sama saat resolusi jihad dikeluarkan. Dalam perspektif historis saat resolusi jihad dikeluarkan oleh Hadrotus Syaikh KH Hasyim Asyari sebagai motivator dan katalisator semangat juang santri, ulama serta seluruh elemen masyarakat untuk semua punya semangat juang secara bersama melawan penjajah,” papar Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlotul Mubtadiin Al Islamy KH Amani Luthfi.

Dikatakan, saat ini dituntut secara berjamaah keluar dari keadaan yang tidak aman menuju zona aman. Bedanya saat itu musuh kelihatan kalau sekarang musuh tidak kelihatan. Maka tema hari santri kali ini santri sehat indonesia kuat. Substansi dari santri kali ini untuk masyarakat indramayu harus mengarah pada 3 hal.

“Pertama, kita harus tetap semangat melawan musuh baik yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan seperti pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ulama karismatik Kota Mangga itu menyebutkan poin yang kedua, di tengah proses pilkada yang akan dihelat 9 Desember mendatang, kebersamaan dan persatuan menjadi prioritas utama. Sebagaimana yang digagas KH Hasyim Asyari yang mengajarkan tidak boleh runtuh oleh kepentingan sesaat.

“Adapun yang ketiga, model upacara menggunakan virtual menginspirasi agar para santri tetap cerdas menyikapi keadaan yang ada. Supaya para santri bisa berinovasi lebih baik lagi dal hal pembelajaran,” tandasnya. (jml)

News Feed