oleh

Susun RKPDes, Gelar Musdes

-Indramayu-93 views

INDRAMAYU-Desa-desa di Kecamatan Haurgeulis melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes). Musdes digelar guna penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2021.

Kemarin, Kamis (22/10), Musdes diadakan Pemdes Sumbermulya. Diikuti Badan Permusyawaratan Desa (BPD), RT, RW, LPM, PKK, Karang Taruna serta tokoh masyarakat.

Camat Haurgeulis, Rory Firmansyah SSTP MSi turut hadir sekaligus memberikan arahan.

Saat memberikan sambutan, Rory meminta para peserta Musdes bisa sungguh-sungguh mengusulkan apa yang menjadi aspirasai masyarakat. Sehingga program atau rencana kerja yang dihasilkan dari Musdes tersebut bermanfaat bagi masyarakat dan dapat dilaksanakan tahun depan.

“Saya berharap semua unsur yang terkait untuk saling bersinergi dalam membangun Desa dan usulan pihak pihak terkait nanti agar mendahulukan yang paling diperlukan masyarakat atau skala prioritas. Tentunya dengan mengacu pada program RPJMDes yang telah disusun,” jelasnya.

Rory mengingatkan, usulan yang diajukan tidak hanya sebatas pembangunan fisik. Namun juga non fisik dalam hal ini bidang pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, Kuwu Sumbermulya, Tarjono SE menjelaskan, Musdes diadakan secara periodik setiap tahun. Untuk merencanakan pembangunan baik fisik dan non fisik untuk kemudian disusun pada RKPDes.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, usulan pembangunan fisik masih mendominasi. “Masyoritas usulan masih banyak dibidang pembangunan fisik. Perbaikan jalan desa terutama,” ujarnya. (tim)

News Feed