oleh

Menjadi Pesantren Sehat, Ponpes Darul Ma’arif Kaplongan Gelar Khitanan Masal bagi 125 Anak

INDRAMAYU-Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-5 Tahun 2020 di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Kaplongan, Karangampel, Kabupaten Indramayu diisi dengan sejumlah kegiatan.

Selain istighotsah yang dilaksanakan Rabu (21/10), juga dilaksanakan upacara bendera yang berlangsung Kamis (22/10). Kemudian dilanjutkan acara puncak yaitu khitanan masal yang diikuti 125 anak yatim/piatu dan anak-anak kurang mampu.

AKRAB: H Dedi Wahidi bersama calon Bupati Muhammad Sholihin dan calon Wakil Bupati dr Hj Ranawati mengikuti upacara HSN.

Acara juga dihadiri pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu nomor urut 1, Muhammad Sholihin-dr Ratnawati atau dikenal dengan pasangan Sholawat.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Darul Ma’arif Kaplongan, H Dedi Wahidi mengatakan, peringatan HSN tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena berada ditengah pandemi Covid-19. Sehingga semua kegiatan harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

DISUNAT : Pelaksanaan khitnanan masal

“Upacara bendera biasanya diikuti seluruh pelajar dan mahasiswa dari seluruh lembaga pendidikan di bawah Yayasan Darul Ma’arif mulai dari SD, SMP, SMK, SMA hingga perguruan tinggi. Untuk kali ini hanya diikuti santri dari Pondok Pesantren Darul Ma’arif saja,” kata anggota Fraksi PKB DPR RI.

Dedi Wahidi juga bersyukur dan merasa bangga karena sempai saat ini seluruh santri Ponpes Darul Ma’arif Kaplongan dalam kondisi sehat dan kuat. Menurutnya, hal tersebut berkat penerapan protokol kesehatan ketat. Dikatakan, sejak bulan Maret atau awal pandemi Covid-19, pihaknya melarang santri untuk pulang atau sekadar bertemu orang tua mereka. Bahkan, ketika orang tua santri ingin mengirim sesuatu buat anak mereka, cukup dititipkan di pos satpam yang ada di depan pintu masuk.

BERPOSE: Foto bersama para santri usai pelaksanaan upacara.

“Alhamdulillah dengan tidak ada interaksi dengan orang luar, para santri disini sehat semua, dan semoga akan selalu mendapat perlindungan Allah,” ujar Dewa.

Dedi Wahidi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, Muhammad Sholihin dan dr Hj Ratnawati yang telah membantu biaya khitanan masal bagi anak-anak. Selain mendapatkan uang saku, anak-anak peserta khitanan masal juga mendapatkan sepeda mini.

UNDANGAN HSN: Pengurus Yayasan Darul Ma’arif Kaplongan menghadiri peringatan HSN 2020.

Calon Bupati Indramayu, Muhammad Sholihin mengaku bangga dan menyebut Pesantren Darul Ma’arif Kaplongan sebagai pesatren tersehat di Jawa Barat. Sholihin juga memiliki program untuk memperhatikan pesantren di Kabupaten Indramayu, termasuk juga memperhatikan para guru madrasah, imam musala dan yang lainnya.

Sementara Calon Wakil Bupati Indramayu, dr Hj Ratnawati mengaku salut dengan Pesantren Darul Ma’arif Kaplongan, yang telah menjadi pesatren modern yang bersih dan sehat. “Pesantren Darul Ma’arif Kaplongan ini menginspirasi saya untuk bisa membangun pesantren yang layak di seluruh Kabupaten Indramayu. Doakan kami bisa memimpin Indramayu,” ujarnya. (oet)

News Feed