oleh

PPKIB Minta Dukungan Pjs Bupati

INDRAMAYU-Panitia Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat (PPKIB) meminta dukungan kepada Pjs Bupati Indramayu Ir Bambang Tirtoyuliono MM.

Untuk turut mengawal sekaligus mendorong agar usulan pemekaran Bumi Wiralodra menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Memasukkan usulan pembentukan  Calon Daerah Persiapan (CDP) Otonomi Baru Kabupaten Indramayu Barat (Inbar) pada gelombang pertama. Permintaan dukungan itu disampaikan jajaran PPKIB saat beraudiens bersama Pjs Bupati Indramayu Ir Bambang Tirtoyuliono MM.

“Alhamdulillah, kemarin kami sudah beraudiensi dengan Pjs Bupati Indramayu dan beliau menangkap apa yang menjadi keinginan kami,” kata Ketua PPKIB, Sukamto SH kepada Radar, Rabu (21/10).

Permintaan dukungan itu bukan tanpa alasan. Selain kapasitasnya sebagai Penjabat Sementara Bupati Indramayu, Bambang Tirtoyuliono juga merupakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat.

Diharapkan, sebagai pejabat di lingkungan Pemprov Jabar, Bambang Tirtoyuliono dapat membawa aspirasi pemekaran dengan melakukan komunikasi dengan Gubernur maupun pimpinan DPRD Jawa Barat.

Supaya usulan CDP Kabupaten Inbar dimasukkan pada pentahapan pertama bersama Sukabumi Utara, Garut Selatan dan Bogor Barat. “Beliau bersedia, karena memang pemekaran daerah ini sejalan dengan visi dan misi gubernur Jabar,” ujarnya.

Sukamto mengungkapkan dalam pertemuan yang turut dihadiri Asda 1 Setda Pemkab Indramayu dan Kabag Otda itu, PPKIB juga secara detail memaparkan perjalanan proses pemekaran yang dirintis sejak tahun 1999 lalu. Hingga sampai mendapat persetujuan Bupati-DPRD Indramayu dan telah dilaksanakannya Kajian Kapasitas Daerah (Kapasda).

“Perjalanan dan proses melengkapi persyaratan pemekaran semua kita paparkan. Hingga optimisme kami bawah pembentukan CDOB Kabupaten Inbar bakal disetuji Pemerintah Provinsi Jabar. Sebab, persyaratan dinilai lebih lengkap,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasihat PPKIB, Rd Daniar menambahkan, sejatinya rencana pemekaran Kabupaten Indramayu muncul sejak tahun 1996 lalu di era Gubernur R Nuriana. Kala itu, ada tiga kabupaten yang diusulkan untuk mekar yaitu, Bandung, Cianjur dan Kabupaten Indramayu. Kajian pun telah dilakukan oleh Unpad Bandung.

Namun dalam perjalannya, hanya Kabupaten Bandung yang berhasil dimekarkan menjadi Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan rencana pemekaran Kabupaten Cianjur tenggelam, Kabupaten Indramayu tertatih-tatih.

“Jadi pemekaran Indramayu ini bukan karena kita geer, sok-sokan. Tapi justru atas dasar niat pemprov Jabar sendiri. Hanya saja, Inbar ini baru dirintis tahun 1999 lalu hingga sekarang masih belum terwujud. Mudah-mudahan dukungan dari Pjs Bupati ini semua bisa dimudahkan,” harap Daniar. (red)

News Feed