oleh

Kuatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat

INDRAMAYU-Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun anggaran 2020 Kodim 0616/Indramayu di Desa Gantar, Kecamatan Gantar resmi berakhir, Rabu (21/10).

Acara penutupan ditandai dengan penandatangan naskah sekaligus penyerahan hasil TMMD ke-109 dari Dansatgas Letkol Inf Heri Rustanto kepada Pjs Bupati Indramayu Ir Bambang Tirtoyuliono MM disaksikan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Bertempat di Aula Kantor Desa Gantar, turut hadir jajaran Forkompimda, sejumlah kepala dinas instansi, Forkompimcam Gantar, tokoh agama, tokoh masyarakat serta perwakilan Ormas/OKP dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Membacakan sambutan Panglima Kodam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan, selama  satu  bulan  sejak  tanggal 22 September  2020,  para prajurit TNI, Pemkab Indramayu dan segenap komponen masyarakat bahu membahu menyelesaikan program TMMD.

Kebersamaan ini, lanjutnya, merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa. Termasuk, membantu pemda mempercepat pembangunan di daerah dalam  rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat guna menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh  untuk kepentingan pertahanan negara.

Dalam program TMMD yang ke-109 di wilayah Kodim 0616/Indramayu, telah berhasil mengerjakan program fisik. Diantaranya berupa pembukaan jalan poros desa, pembangunan jembatan, pengerasan jalan, pembuatan PJU, rutilahu sampai saluran drainase.

Pencapaian program sasaran fisik juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran  non fisik. Berupa penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, hukum  dan kamtibmas. Kemudian KB kesehatan sampai pelatihan kerja bagi para pemuda.

“Kita semua patut bersyukur semua program  fisik maupun nonfisik tersebut telah dapat  dirampungkan tepat waktu. Meskipun   dikerjakan masih dalam suasana pandemi Covid-19 sehingga dalam pengerjaannya  senantiasa mematuhi protokol kesehatan  dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Demikian juga prajurit beserta semua masyarakat yang terlibat dalam  program TMMD ke-109 ini, semuanya dalam kondisi yang sehat,” terangnya.

Pangdam Kodam III/Siliwangi berpesan, hasil kegiatan TMMD mengambil tema Pengabdian  untuk Negeri ini dapat dipelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan  antara TNI-Rakyat. Jangan mudah terhasut   dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pelihara terus semangat gotong royong   sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Pelihara pula  hasil  program  TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat  dalam  kurun  waktu  yang  cukup panjang,” pintanya.

Dalam kesematan yang sama, Pangdam III/Siliwangi juga mengajak masyarakat Kabupaten Indramayu yang melaksanakan  Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2020,  agar bersama-sama  dengan TNI, Polri, pemda dan unsur terkait lainnya menciptakan wilayah  yang  kondusif sehingga rangkaian kegiatan   Pilkada tersebut dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Sebagaimana dalam Pemilu sebelumnya, baik  pemilu presiden, pemilu legislatif, maupun  pilkada, TNI tetap menjungjung tinggi netralitas, tidak berpihak dan tidak akan memberikan dukungan kepada salah  satu pasangan calon tertentu, serta  akan menindak dengan tegas kepada prajurit yang terbukti melanggar netralitas,” tegasnya.

Tuntas acara seremonial penutupan, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Pjs Bupati Indramayu Ir Bambang Tirtoyuliono MM bersama tamu undangan meninjau hasil sasaran fisik TMMD. Diantaranya Pembuatan jalan hotmix, pembangunan jembatan, fasilitas kebersihan, irigasi, drainase, PJU, pos kamling dan rutilahu. (red)

News Feed