oleh

Desa Ujunggebang Lolos Seleksi Desa Brilian

INDRAMAYU-Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Kali ini, desa yang terletak di ujung barat pesisir pantura Bumi Wiralodra itu berhasil lolos seleksi program Desa Brilian.

Desa Brilian adalah desa-desa yang dinilai tanggap, tangguh dan tetap melakukan inovasi di masa pandemi Covid-19. Program kerjasama bumdes.id dan Bank BRI yang diselenggarakan Brincubator Goes To Desa Brilian.

“Alhamdulillah, ini merupakan prestasi yang membanggakan. Tidak hanya bagi masyarakat Ujunggebang, tapi juga seluruh Indramayu,” ucap Kuwu Desa Ujunggebang, H Kusnato SE kepada Radar, Selasa (20/10).

Kabar lolos seleksi itu didapatnya dari panitia penyelenggara Brincubator Goes To Desa Brilian. Sejatinya, sebutnya, terdapat sebanyak 575 desa se-Indonesia yang diusulkan.

Namun, dari total jumlah desa yang diseleksi, hanya diambil sebanyak 125 desa. Desa Ujunggebang berada pada urutan ke-16, menjadi satu-satunya wakil dari Kabupaten Indramayu.

“Kalau di Jawa Barat ada 12 desa yang lolos dalam program ini. Untuk Kabupaten Indramayu, hanya Desa Ujunggebang yang terpilih,” ungkapnya.

Terpilihnya Desa Ujunggebang karena dinilai memenuhi sejumlah kriteria. Antara lain memiliki BUMDes yang aktif, digitalisasi ekonomi desa, inovasi untuk layanan publik atau peningkatan ekonomi. Kepemimpinan dan kekompakan warga serta ketahanan dan keberlanjutan.

Desa Ujunggebang bersama desa lainnya yang terpilih selanjutnya akan mengikuti Program Inkubasi Brincubator Goes To Desa Brilian dari bulan September sampai dengan November 2020.

Selama 3 bulan itu, wajib mengikuti serangkaian kegiatan berupa webinar, assessment dan survei online. Kemudian penilaian program brilian dan pemberiaan penghargaan. Mengingat masa pandemi Covid-19,  semua  kegiatan  akan  dilaksanakan  secara virtual atau online via aplikasi Zoom.

Panitia akan menetapkan 10 pemenang Desa Brilian terbaik dan memberikan pendampingan khusus paska program kepada para pemenang. “Mohon doa restu dan dukungannya kepada semua pihak khususnya masyarakat Indramayu, semoga Desa Ujunggebang kembali menuai prestasi sehingga mengharumkan nama daerah di kancah nasional,” pinta Kuwu Kusnato. (red)

News Feed