oleh

Toska Siapkan 5 Program Strategis Sektor Pertanian

INDRAMAYU-Pasangan calon bupati dan wakil bupati Indramayu nomor urut 2, Toto Sucartono SE MBA dan Deis Handika menyiapkan lima langkah strategis pada bidang pertanian.

Lima langkah strategis ini disipakan, karena pasangan Toto-Deis Handika (Toska) melihat potensi Indramayu di bidang pertanian sangat besar. Bahkan, masuk salah satu lumbung pangan nasional dengan hasil panen padi yang melimpah per tahunnya.

Calon Bupati dari Jalur Indpenen Toto Sucartono menjelaskan, langkah strategis pertama pada bidang pertanian adalah meningkatkan infrastruktur, terutama jalan desa dan jalan yang mendukung usaha pertanian.

“Hal ini penting untuk distribusi hasil panen dan akses bagi para petani dalam mengelola sawahnya setiap hari,” ujar calon bupati yang akrab disapa Kang Toto ini.

Lebih lanjut, dijelaskan Kang Toto, langkah strategis yang kedua adalah mengatur, memperbaiki dan meningkatkan tata kelola irigasi. Sebab, menurutnya, jika irigasi lancar maka akan mempengaruhi tingkat produktivitas hasil panen para petani.

“Langkah strategis ketiga juga penting. Yaitu membangun pusat penelitian dan pengembangan pertanian. Tentu kita akan siapkan pakar-pakar ahli di bidangnya. Baik dari universitas maupun kalangan profesional,” imbuhnya.

Kang Toto menambahkan, untuk langkah strategis keempat adalah memfasilitasi para petani dalam hal permodalan dan pemasaran produk pertanian serta menjaga stabilitas harga.

“Sebagai langkah strategis kelima adalah meningkatkan produktivitas hasil pertanian hingga mampu tumbuh 5% per tahun,” ungkapnya. Semua ini, sebutnya, bisa diwujudkan dengan dukungan dari masyarakat Indramayu secara keseluruhan.  (tim)

News Feed