oleh

Tanggul Cimanuk Rampung, Warga Tenang

-Indramayu-131 views

INDRAMAYU- Perbaikan Tanggul Sungai Cimanuk di Blok Rengaspayung Desa Kertasemaya sudah rampung, Senin (19/10). Rampungnya perbaikan tanggul senilai Rp4,9 miliar itu disambut warga. Mereka tidak khawatir lagi luapan air dari Sungai Cimanuk akan masuk kepermukiman saat musim penghujan tiba. “Kita sangat bersyukur tanggul selesai sebelum memasuki musim hujan yang lebat. Kita warga merasa lebih aman dan tenang, tidak lagi waswas saat Sungai Cimanuk meluap,” ucap salah seorang warga Kertasemaya, Iim (34).

Iim berharap, tanggul yang sudah ada bisa menahan hantaman arus sungai saat banjir. “Mudah-mudah tanah tanggul juga tidak ambles lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Sekdes Kertasemaya Widy mengatakan, pemerintah desa mengapresiasi Kementerian PUPR Dirjen Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung yang telah memperbaiki Tanggul Sungai Cimanuk di Blok Rengaspayung yang ambles.

Perbaikan yang rampung beberapa hari yang lalu, lanjut Widy, menjadi harapan bagi masyarakat karena keamananya lebih terjamin terutama saat musim penghujan datang.

Menurut Widy, sejak pertengahan tahun 2019, warga terus dihantui rasa waswas karena tanggul yang ambles melaus ke permukiman warga, sehingga beberapa warga harus mengungsi ke tempat yang aman.

Saat ini, sambung Widy, dengan rampungnya perbaikan tanggul, warga terutama yang berada di sekitar tanggul lebih nyaman. “Alhamdulillah bisa selesai sebelum hujan lebat. Dengan adanya tembok tanggul warga tidak lagi khawatir ketika itensitas curah hujan tinggi,” ujarnya. (oni)

News Feed