oleh

Musim Hujan, Galakan Penanaman Pohon

-Indramayu-245 views

INDRAMAYU-Musim hujan menjadi waktu yang tepat untuk melaksanakan kegiatan penanaman pohon. Pasalnya, bibit pohon yang ditanam dapat tumbuh lebih baik.

Tak mengherankan, warga di pelosok pedesaan mulai ramai-ramai menanam pohon. Memanfaatkan lahan kosong maupun pekarangan rumah. Demikian pula kelompok pegiat lingkungan.

Di tengah pandemi Covid-19, aksi penghijauan tetap digalakan. “Program penghijauan baik yang dilakukan oleh kelompok maupun perorangan sangat tepat dilakukan pada musim hujan seperti sekarang. Apalagi tujuan penanaman ini untuk program penghijauan, mengembalikan lahan kritis menjadi daerah tangkapan air,” terang Nanang, pemerhati lingkungan hidup, kemarin.

Menurutnya, penanaman pohon di lahan kritis menjadi langkah strategis dalam menyeimbangkan dari ancaman bencana. Lahan yang hijau oleh pepohonan menjadi benteng alam pada saat musim hujan.

Bencana alam yang dipengaruhi hujan dapat diminimalisir oleh pohon. Sedangkan tanam pohon di pekarangan rumah dapat membuat sejuk suasana tempat tinggal. Di samping adanya ketersediaan buah-buahan untuk keluarga.

“Saya lihat masih banyak terdapat lahan kosong yang minim pohon tegakan. Pekarangan rumah juga masih ada yang belum dioptimalkan. Kalau tidak bisa tanam pohon besar, bisa di dalam pot,” katanya.

Karena itu Nanang menyerukan semangat gerakan menanam pohon harus terus digelorakan. Apalagi curah hujan tinggi diperkirakan berlangsung mulai Oktober yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan penanaman pohon secara massal.

“Memang melaksanakan penanaman pohon itu tak bisa dirasakan langsung saat ini. Melainkan manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan, disaat tanaman tersebut sudah tumbuh subur dan berkembang. Di balik penghijauan itukan ada nilai ekonomisnya bagi pemilik lahan,” tandasnya. (red)

News Feed