oleh

Pendaftar PTPS Mayoritas Lulusan SMA

-Indramayu-336 views

INDRAMAYU- Pendaftar pengawas tempat pemunguta suara (PTPS) di Panwascam Sukagumiwang mayoritas lulusan SMA/ Sederajat. Hal itu diungkapkan Ketua Paswascam Sukagumiwang, Hasnan Bisri Harahap pada Radar, Sabtu (10/10).

Dikatakannya, Panwascam Sukagumiwang membutuhkan pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) sebanyak 70 orang yang akan ditempatkan di 70 TPS se-Kecamatan Sukagumiwang terbagi dalam 7 desa, yakni Desa  Cibeber 9 orang, Desa Bondan 9 orang , Desa Gunungsari 21 orang, Desa Sukagumiwang 9 orang, Desa Tersana 11 orang, Desa Cadangpinggan 6 orang, dan Desa Gedangan 7 orang. “Pendaftar kita selalu update, per 9 Oktober pendaftar yang masuk 72 orang, sedangkan untuk target kita minimal 2 kali dari jumlah kouta yaitu 140 orang agar ada cadangan,” tuturnya.

Diungkapkan Hasnan, dari total pendaftar yang masuk menyerahkan berkas pada Panwascam Sukagumiwang 72 orang, mayoritas SMA, dengan rincian lulusan SMA/ Sederajat sebanyak 52 orang, D3 sebanyak 1 orang, dan S1 sebanyak 19 orang.

Setelah proses pendaftaran, sambungnya, Panwascam akan melaksanakan tes seleksi wawancara bagi para pelamar PTPS, yang akan dilakukan secara terjadwal per desa, sehingga tidak ada kerumuman yang tetap penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

“Rencana seleksi wawancara dimulai tanggal 13-15 Oktober, kita jadwal per desa. Misalkan Desa Cibeber, pendaftar ada berapa orang tes wawancara setelah semua pendaftar Desa Cibeber selesai semua, baru pendaftar dari desa lainnya, jadi tidak ada kerumunan warga, ya standarisasi penerapan prokes (protokol kesehatan),” terangnya.

Dengan seleksi PTPS secara langsung oleh Panwascam baik administratif dan wawancara, kata Hasnan, diharapankan Panwascam dapat menjaring petugas PTPS yang berkualitas, yang memahami peran dan tugasnya sebagai PTPS.

“Nanti yang lolos akan dilakukan rapid test, dan akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) PTPS. Masa kerjanya satu bulan sampai pelaksanaan pemungutan suara,” tandasnya. (oni)

News Feed