oleh

TMMD Gelar Pelatihan Bengkel

-Indramayu-237 views

INDRAMAYU – Sebanyak 20 pemuda di Desa Gantar, Kecamatan Gantar diberi pelatihan perbengkelan sistem kelistrikan sepeda motor. Sebagai upaya penyiapan tenaga wirausaha mandiri, agar mereka bisa membuka bengkel sendiri.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari bertempat di bengkel praktek MTs Nurul Hikmah Gantar itu merupakan bagian pada program non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109. Hasil Kerja sama dengan Dinas Koperasi Perdagangan dan Industri (Diskopdagin) Kabupaten Indramayu.

“Ini bagian dari program non fisik TMMD, jenis kegiatan sosialisasi dan pelatihan industri rumah tangga dalam rangka menunjang desa binaan. Hasil kerja sama program pengembangan IKM Diskopdagin Kabupaten Indramayu,” kata Pgs Dandim 0616/Indramayu Letkol Inf Heri Rustanto melalui Komandan SSK, Kapten Inf Nakromin kepada Radar, Jumat (9/10).

Pelatihan ini dikhususkan pada mereka yang masih menganggur dan memiliki niat kuat untuk mandiri. Karena itu sebanyak 20 peserta, adalah mereka dipilih dari sekian banyak pendaftar. Diutamakan dari kalangan tidak mampu dan berminat kuat di bidang otomotif.

Selama 3 hari kegiatan, mereka dilatih oleh instruktur yang berpengalaman dan berkompeten. “Jadi melalui pelatihan ini memberi kesempatan para pemuda Desa Gantar untuk menimba ilmu perbengkelan. Mereka harus dibekali life skill, sehingga mereka punya bekal saat terjun di dunia kerja atau membuka lapangan kerja sendiri,” jelas Kapten Inf Nakromin.

Sementara itu, Wawan, salah seorang peserta mengaku senang dapat mengikuti pelatihan perbengkelan pada program TMMD di desanya. Apalagi, instruktur yang menyampaikan materi sangat berpengalaman.

Ia pun bersama kawan-kawannya berencana untuk membuka bengkel sepeda motor sendiri. “Adanya TMMD di Desa Gantar ini sangat bermanfaat untuk kami dan masyarakat. Terima kasih kepada TNI dan Pemerintah yang juga mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan industri rumah tangga dalam rangka menunjang desa binaan ini,” tuturnya. (tim)

News Feed