oleh

Jumlah Pemilih Baru Bertambah

-Indramayu-266 views

INDRAMAYU – Jumlah pemilih di Kecamatan Gantar mengalami pengurangan sebanyak 3 orang dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Sebelumnya jumlah pemilih sebanyak 42.512 pada Daftar Pemilih Sementara (DPS) menjadi 42.509 dalam DPSHP.

Ketua PPK Gantar, Carno SPd mengatakan adanya pengurangan jumlah pemilih dalam DPSHP lantaran adanya pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), baik pemilih yang pindah domisili maupun meninggal dunia.

“Pemilih TMS kebanyakan karena adanya perpindahan penduduk, kemudian pemilih yang meninggal dunia. Total pemilih TMS kita mencapai 170 orang untuk 7 Desa di Kecamatan Gantar,” kata dia usai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP pada Pilkada Indramayu 2020 tingkat Kecamatan Gantar, kemarin.

 

Sementara untuk jumlah pemilih baru, Carno menyebutkan penambahan mencapai 167 orang. Desa Bantarwaru paling banyak mengalami penambahan yakni dengan 83 pemilih baru.

“Jadi kalau untuk data pemilih ini sifatnya dinamis, artinya akan terus mengalami perubahan sewaktu-waktu. Bisa bertambah dan berkurang,” jelasnya.

Hasil DPSHP di tingkat PPK merupakan keputusan pleno dari tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Desa. Selanjutnya, hasil Penetapan Pleno DPSHP di tingkat PPK akan diserahkan ke KPU Kabupaten Indramayu untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Rapat Pleno terbuka PPK Gantar dihadiri oleh jajaran Forkompimcam, PPS, Panwaslu serta perwakilan dari tim pemenangan pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu. (tim)

 

News Feed