oleh

Cabup Nina Kembangkan Kebun Melon

INDRAMAYU-Calon Bupati Indramayu Hj Nina Agustina Da’i Bachtiar melakukan terobosan serius di bidang perkebunan. Putri sulung mantan Kapolri Da’I Bachtiar itu, sukses mengembangkan buah melon di daerah Haredong, Desa Sukaslamet Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu, Kamis (8/10).

Kedaulatan di bidang pangan merupakan salah satu dari 99 program prioritas pasangan calon (Paslon) nomor urut 4 Hj Nina Agustina Da’i Bachtiar dan Lucky Hakim (Nicky). Komitmen itu, dia buktikan dengan membuat uji coba penanaman buah melon di daerah Indramayu Barat.

Bahkan secara serius, Nina Agustina sudah berani melakukan langkah positif dengan memberikan pelatihan kepada para petani dari Indramayu dengan cara mengirimkan langsung ke Omah Bio Sawangan kawasan Kota Depok Jawa Barat, hingga dua kali berturut-turut. Di sana para petani bimbingan Nina belajar mengolah Pertanian dan perkebunan dengan baik.

Hasil dari dua kali pengiriman peserta pelatihan tersebut, kini terlihat geliat perkebunan baru di wilayah Kabupaten Indramayu. Pertama, kebun buah anggur yang ada di wilayah Desa Segeran Kidul dan kebun buah melon di Desa Sukaslamet Kecamatan Kroya.

“Sudah menjadi tekad saya untuk melakukan perubahan di Indramayu di berbagai sektor. Salah satunya di sektor perkebunan dan pertanian. Meskipun status saya masih sebagai cabup, tapi saya berani mengupayakan bagaimana di wilayah Kabupaten Indramayu mulai ada inovasi di bidang pertanian atau perkebunan baru,” tutur Nina.

Dijelaskannya, Indramayu membutuhkan gebrakan seperti inovasi baru pada bidang pertanian, terutama pada daerah yang terkendala dengan suplai air.

Inovasi yang Nina ujikan selain penanaman buah anggur dan melon, juga berusaha menciptakan lahan yang kurang maksimal menanam padi pada masa tanam kedua, namun petani tetap dapat bekerja untuk mendapatkan hasil keuangan yang maksimal.

Proyek percobaan pengembangan usaha pertanian yang disodorkan oleh Nina Agustina mendapatkan sambutan yang positif dari kalangan petani di Indramayu.

“Setelah pilot project perkebunan melon dan anggur ini berhasil, kedepan jika saya terpilih jadi bupati Indramayu, maka program ini harus bisa menyebar keseluruh desa yang ada di Indramayu,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan kebun melon dan anggur ini, Nina berharap, akan menjadi nuansa baru bagi indramayu selain khas buah mangganya. “Agar nantinya Indramayu lebih bermartabat,” tandas wanita yang juga aktivis nasional pelindung hewan itu.

Para Petani banyak mengucapkan terima kasih kepada kader PDIP Hj Nina Agustina.  Mereka menaruh harapan besar agar pembangunan usaha pertanian tersebut menghasilkan kesejahteraan bagi para petani. “Saya sangat bangga dengan langkah Ibu Nina ini. Saya berharap dengan keragaman usaha perkebunan para petani di Kota Mangga ini mampu membangun optimisme dan semangat baru bagi kami, dalam membangun usaha pertanian dan perkebunan,” papar Daryadi, salah satu petani Indramayu. (jml)

News Feed