oleh

PT RNI Salurkan Bantuan Sembako

-Indramayu-149 views

INDRAMAYU- PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (persero) berhasil mendongkrak kesejahteraan masyarakat dan pemberdayaan lembaga ekonomi desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sebagai bentuk rasa syukur, harmoni pabrik gula-desa penyangga dalam kemitraan budi daya tebu PT PG Rajawali II menyerahkan bantuan sembako dan sisa hasil usaha (SHU) pada hari ulang tahunnya yang ke-56, Rabu (7/10), di lokasi perkebunan.

Menurut GM PT PG Rajawali II Jatitujuh, Azis Romdhon Bakhtiar, keberhasilan program kemitraan pada masa tanam 2018/2019 dan 2019/2020, telah melahirkan 7 unit BUMDes.

Adapun bidang usaha yang digeluti meliputi pengelolaan budi daya perkebunan tebu yang bekerja sama dengan Unit PG Jatitujuh PT PG Rajawali II, anak perusahaan dari PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).

Diungkapkan Azis, 7 unit BUMDes yang masuk dalam program kemitraan yaitu BUMDes Pandawa Desa Pilangsari, BUMDes Kerta Raharja Desa Sukakerta, BUMDes Citra Lestari Desa Sukamulya, BUMDes Jatimulya Desa Jatiraga, BUMDes Sumber Sejahtera Desa Sumber Wetan, BUMDes Bintang Kerti Desa Kerticala, BUMDes Binangkit Desa Pasiripis, dan BUMDes Rus Cinta Desa Gadel.

Dijelaskannya, dengan semakin menggeliatnya ekonomi desa, perusahaan memproyeksikan untuk musim tanam 2020/2021, program kemitraan ini akan menyasar 2.259 kepala keluarga dengan luas lahan yang dikelola seluas 4.300 Ha.

“Harapan saya pihak PG dan pihak petani tebu yang bermitra bisa semakin meningkatkan produksi tebu yang layak untuk digiling. Pencapaian musim panen tahun ini cukup baik, namun kita berharap lebih baik lagi. Sisa hasil usaha untuk para petani sudah diberikan. Alhamdulillah, ada yang mencapai Rp30 juta. Semoga musim panen berikutnya semakin meningkat lagi,” tandasnya. (jml)

News Feed