oleh

Masjid Megah Senilai Rp5 Miliar Diresmikan

INDRAMAYU-Bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke493 Kabupaten Indramayu, Masjid Jami Miftahul Huda di Blok Pegagan, Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra, diresmikan, Rabu (7/10).

Acara peresmian diwarnai dengan tahlil akbar, khotmil quran, doa bersama  serta pengguntingan pita oleh Camat Sukra, Drs H Achmad Mansyur MSi.

Turut mendampingi jajaran Forkopimcam Sukra, Kuwu Desa Ujunggebang H Kusnanto SE, pengurus DKM serta panitia pembangunan masjid.

“Masjid berkonstruksi modern ini dibangun dengan dana sekitar Rp5 miliar. Murni dari swadaya masyarakat ditambah bantuan anggaran pemerintah desa,” ucap Kuwu Kusnanto.

Pembangunan masjid dimulai pada 7 Juli 2017 lalu. Lantaran kondisi masjid sudah tidak refresentatif lagi. Setiap musim penghujan kerap dilanda banjir. Jamaah, warga sekitar dan Pemdes Ujunggebang lantas sepakat bangunan masjid dibongkar total. Untuk kemudian dibangun kembali.

“Alhamdulillah, setelah hampir 3 tahun pekerjaan pembangunan, masjid ini akhirnya diresmikan. Memang masih ada beberapa fasilitas yang belum tuntas dikerjakan tetap dilanjutkan,” terang dia.

Kuwu Kusnanto bersyukur, partisipasi jamaah dan masyarakat begitu tinggi. Keberadaan Masjid Jami Miftahul Huda Blok Pegagan diakuinya paling megah diantara dua masjid lainnya yang berada di Blok Janggar dan Tanjungpura.

Sementara itu, Camat Sukra Drs H Achmad Mansyur MSi mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam pembangunan masjid.

Bahkan, dia menyebut, kemegahan Masjid Jami Miftahul Huda Blok Pegagan yang meski di tingkat dusun, sudah setara dengan masjid tingkat kabupaten.

“Jangan sampai masjid dibangun megah, jamaahnya malah sepi. Jamaah harusnya tambah semangat untuk memakmurkan masjid dengan berbagai aktivitas keagamaan. Ini sejalan dengan visi Indramayu Remaja,” katanya.

Selain sebagai tempat ibadah, keberadaan masjid harus bisa dimanfaatkan untuk menyelenggarakan pendidikan ilmu keagamaan, kegiatan-kegiatan masyarakat, serta berbagai aktivitas memakmurkan masjid lainnya. (red)

 

News Feed