oleh

Pertamina Luncurkan Inovasi Go Foam

-Indramayu-462 views

INDRAMAYU-Pertamina melakukan launching dan penyaluran perdana produk Gas Oil For Antifoam (GO Foam) sebanyak 20 ton melalui 112 drum chemical.

Peluncuran produk baru tersebut dilakukan oleh Pertamina RU VI, yang diawali dengan pengisian perdana oleh General Manager RU VI Hendri Agustian, kedalam media drum. Selanjutnya diangkut ke truk pengiriman dan disalurkan ke konsumen.

“Produk baru GO Foam merupakan specialty chemical yang di produksi di Refinery Unit VI Balongan, dan merupakan bahan baku anti foaming agent kolaborasi antara berbagai fungsi di Pertamina, diantaranya Refinery Unit VI Balongan, Research & Technology Center, Petrochemical Marketing dan PT Pertamina Lubricants,” kata Hendri.

Produk tersebut, lanjut Hendri, nantinya akan diolah lebih lanjut oleh PT Pertamina Lubricants untuk menghasilkan produk antifoaming agents dengan nama AFRD03. Produk tersebut merupakan formulasi dari fungsi Research & Techonogy Center Pertamina dan sudah teruji dalam membantu pencegahan pembentukan foam di proses industri.

Acara Launching produk baru tersebut juga dilaksanakan secara online melalui live event pada Jumat (25/9), dan dihadiri oleh Direktur Operasi PT KPI (Djoko Priyono), General Manager Refinery Unit VI (Hendri Agustian), Direktur Utama PT Pertamina Lubricants (Ageng Giriyono), VP Strategic Marketing (Waljiyanto), dan VP Downstream Research & Technology Innvoation (Andianto Hidayat).

Hendri juga menjelaskan, produk GO Foam merupakan salah satu dari berbagai produk derivative yang dimiliki Pertamina, yang merupakan jawaban untuk tantangan kedepan. Sebagai produk specialty chemical, GO Foam memiliki harga jual yang menarik sehingga mampu meningkatan margin perusahaan dan strategi kedepannya adalah untuk meningkatkan volume penjualan ke industri-industri lainnya.

“Dengan adanya produk baru ini, menunjukkan kesiapan infrastruktur kilang RU VI yang handal dan fleksibel, sehingga dapat selalu menghadirkan produk dengan harga jual tinggi. Refinery Unit VI optimis dengan SDM yang ada, dapat merespons segala peluang untuk menjual high value product lainnya,” tegas Hendri.

Sementara itu, Waljiyanto selaku VP Strategic Marketing pada kesempatan tersebut juga mengucapkan terima kasih atas sinergi yang sangat baik dari berbagai pihak. Sehingga, Pertamina dapat kembali berinovasi dengan peluncuran produk baru GO Foam.

Sedangkan, VP dari Fungsi RTC, Andianto mengatakan, produk specialty chemical ini merupakan bahan blending komponen produk AFRD03 hasil riset tim RTC bagian Downstream Research & Technology Innovation, memberikan solusi dalam mengurangi dan menghambat pembentukan foam diproses industri.

Apresisasi kepada seluhu pihak yang terlibat juga disampaikan oleh Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Ageng Giriyono. Kedepannya, kata Ageng, selain memproduksi pelumas sebagai core bisnis, Pertamina lubricant juga akan fokus ke pengembangan specialty chemical. (oet)

News Feed