oleh

Pelayanan Rekam E-KTP Normal

-Indramayu-383 views

INDRAMAYU-Jelang perhelatan Pilkada, 9 Desember mendatang, pelayanan perekaman e-KTP di tingkat kecamatan berjalan normal. Hal itu terlihat di loket pelayanan Kecamatan Jatibarang, kemarin. Pantauan di lokasi, tidak ada peningkatan warga yang ingin melakukan perekaman e-KTP, terutama bagi pemilih pemula.

Kasi Pelayanan Masyarakat (Yanmas) Kecamatan Jatibarang, Amin SE mengakui, pelayanan di kecamatan terbilang normal dan biasa-biasa saja, tidak ada peningkatan jumlah pemohon perekaman atau pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Hal itu, kata Amin, karena Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdikcapil) Kabupaten Indramayu telah melakukan pelayanan perekaman e-KTP dengan metode “jemput bola” dari desa ke desa.

“Disdukcapil sudah melakukan jemput bola ke desa melakukan perekaman langsung bagi pemula, waktunya terjadwal setiap desa, yang berjalan tim dari Disdukcapil,” ujarnya kepada Radar Indramayu, Selasa (29/9).

Dampaknya, kata Amin, tidak ada antrean panjang warga di kecamatan yang ingin membuat atau perpanjangan e-KTP atau KK. “Pelayanan pembuatan KK dan e-KTP di kecamatan masih tetap jalan, tetapi sedikit karena sudah disisir oleh Disdukcapil ke tiap desa. Ya, kita tinggal melayani warga atau pemilih pemula yang terlewat,” paparnya.

Dijelaskan Amin, pelayanan perekaman e-KTP secara langsung ke desa-desa oleh Disdukcapil Kabupaten Indramayu merupakan langkah untuk memberikan pelayanan yang mudah bagi masyarakat di Kabupaten Indramayu, terutama dalam pembuatan e-KTP, sebagai persyaratan utama bagi pemilih baru untuk memperoleh hak pilihnya pada Pilkada Indramayu mendatang.

Untuk menyukseskan pelayanan ke desa-desa, sambung Amin, pemcam terlebih dahulu memberikan surat pemberitahuan kepada pemerintah desa untuk menyiapkan tempat perekaman e-KTP dan memberikan kepada masyarakatnya terutama bagi pemula yang belum melakukan perekaman e-KTP.

“Nanti tanggal 1 Oktober akan adakan perekaman e-KTP di tiga desa, yakni Desa Jatisawit Lor, Krasak, dan Desa Kalimati. Masyarakat yang belum pernah melakukan perekaman e-KTP, nanti silakan mendatangi kantor desa,” tuturnya.

Langkah jemput bola pelayanan perekaman e-KTP Disdukcapil Kabupaten Indramayu mendapat sambutan baik dari masyarakat, salah satunya, Juhadi (52).

Menurutnya, pelayanan jemput bola sangat bermanfaat karena masyarakat tidak perlu lagi mendatangai kecamatan yang jaraknya lumayan jauh dari tempat tinggal untuk melakukan peremakan e-KTP.

“Sangat mempermudah kami karena lebih dekat jaraknya. Semoga perekaman e-KTP di desa bisa terus diselenggarakan agar warga yang sebelumnya tidak melakukan perekaman e-KTP karena terbentur jarak dapat melakukan perekaman di desa,” ujarnya. (oni)

News Feed