oleh

UTS Pakai Metode Luring

-Indramayu-470 views

INDRAMAYU- Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung turut mempengaruhi perubahan berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan.

Seperti dalam pelaksanaan ujian tengah semester (UTS) di sekolah dasar di Kabupaten Indramayu. Pihak sekolah lebih memilih melaksanakan UTS gunakan metode luar jaringan (luring) atau offline dibanding dengan online.

Kepala SDN Tersana 1, Mabrur SPd menyebutkan, pelaksanaan ujian tengah semester (UTS) dilaksanakan secara luring (offline). “Mekanismenya, siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 datang ke sekolah untuk mengambil bahan ujian tengah semester di masing-masing wali kelas, kemudian dikerjakan di rumah,” katanya.

Hal itu dilakukan, kata Mabrur, sebagai langkah untuk menghindari kegiatan KBM secara tatap muka, selama pandemik Covid-19 masih belum diperkenankan, termasuk saat ujian tengah semester.

“Untuk soalnya menyesuaikan dengan kurikulum selama masa pandemik, ya di bandingkan secara daring, masih mending sistem ujian secara luring,” katanya kepada Radar Indramayu, Senin (28/9).

Lebih lanjut, dikatakan Mabrur, setelah siswa mengambil soal ujian kemudian embali kerumah masing-masing untuk mengerjakan soalnya yang diawasi dan didampingi orang tua, dan wali kelas dengan mengunjungi rumah siswa secara bergiliran. “Soal yang selesai dikerjakan siswa, dikembalikan lagi ke guru, kemudian dinilai. Guru stanby dari pagi sampai siang, menunggu sampai semua siswa kumpulkan soal yang dikerjakanya,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Kepala SDN Sleman 2, H Nuriman SPd MSi. Dikatakan Nuriman, pelaksanaan UTS secara luring dapat dikerjakan siswa secara masing-masing, namun dibagi kedalam beberapa kelompok.

“Ketua kelompok selama pelaksanaan UTS setiap pagi datang kesekolah untuk mengambil soal ujian, yang kemudian dibagikan kepada siswa lainnya satu kelompok, kemudian dikerjakan,” katanya.

Dijelaskan Nuriman, guru kelas mempunyai kewajiban untuk memantau para muridnya saat mengerjakan soalnya secara berkelompok secara bergiliran. “Alhamdulillah UTS berjalan lancar, UTS juga selesai pada hari Sabtu,” ujarnya. (oni)

News Feed