oleh

Plt Bupati Indramayu Buka TMMD 109 Gantar

INDRAMAYU – Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 di Desa/Kecamatan Gantar, Selasa (22/9). Upacara pembukaan dilaksanakan di kantor Kecamatan Gantar.

Pada sambutannya, Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi menyebutkan, hakekat pembangunan daerah adalah salah satu upaya meningkatkan taraf hidup rakyat yang seimbang, terpadu dan berkesinambungan. Untuk mewujudkannya, diperlukan inovasi dan kolaborasi untuk mempercepat pembangunan.

“Salah satu bentuk sinergitas pembangunan di daerah adalah pelaksanaan TMMD. Dan sinergitas dari seluruh pihak merupakan hal utama agar kegiatan berjalan sesuai rencana,” tuturnya.

Ditambahkannya, sejumlah kegiatan dilaksanakan pada kegiatan TMMD ke-109, baik fisik maupun kegiatan non fisik. Tujuannya adalah melakukan percepatan pembangunan di wilayah pedesaan, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat akan kebutuhan insfrastruktur.

“Karena sasaran dari TMMD adalah upaya membuka suatu wilayah dari keterisolasian. Sehingga mereka mampu meningkatkan kesejahteraan, dengan melaksanakan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat,” imbuhnya.

Meski berada di tengah pandemi Covid-19, ia berharap agar kegiatan TMMD bisa tetap berjalan sesuai rencana. Ia pun mengingatkan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan, selalu mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

“Atas nama pemerintah kabupaten Indramayu, saya merasa bersyukur karena TMMD bisa tetap dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Kita harus selalu melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dengan 3M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker serta menjaga jarak aman,” tandasnya.

Sementara itu, Ws Dandim 0616 Indramayu Letkol Inf Heri Rustanto selaku Dansatgas TMMD menjelaskan, TMMD ke-109 di Desa/Kecamatan Gantar dilaksanakan hingga 1 bulan ke depan atau sampai dengan 21 Oktober 2020. Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan ratusan personel TNI serta pendukung lain dari unsur pemerintah daerah, keluarga besar TNI (KBT) serta masyarakat umum.

“Sesuai arahan Pak Bupati, kami libatkan seluruh unsur pihak terkait sebagai bentuk sinergitas. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, sesuai rencana yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Lebih rinci, kegiatan fisik yang dilaksanakan diantaranya adalah peningkatan jalan sepanjang 600 meter, pembangunan jembatan cikembang, penanganan saluran irigasi dan drainase sepanjang 150 dan 160 meter, pembangunan 34 unit rultilahu, pemasangan penerangan jalan umum (PJU) di 12 titik serta pembangunan poskamling dan fasilitas kebersihan. Sementara kegiatan nonfisik diisi dengan penyuluhan dan sosialisasi keterampilan perbengkelan, pelayanan administrasi kependudukan serta penyaluran bibit tanaman dan bibit ikan.

“Semoga dapat membangun kemandirian masyarakat, khususnya di Desa/Kecamatan Gantar. Sehingga kesejahteraan masyarakat juga akan turut terangkat,” pungkasnya.

Selepas membuka secara resmi kegiatan TMMD ke-109 di Desa/Kecamatan Gantar, Plt Bupati Indramayu bersama rombongan meninjau sejumlah titik lokasi kegiatan. Salah satunya adalah lokasi pembangunan rutilahu di Blok Wagir Desa/Kecamatan Gantar. (tim)

News Feed