oleh

Jalan Ahmad Yani Kembali Dua Arah

INDRAMAYU-Bagi masyarakat yang ingin jalan-jalan ke Indramayu kota harus tahu aturan baru ini. Jalan Ahmad Yani yang semula satu arah (one way), mulai Sabtu (19/9), kembali dibuka dua arah. Seperti diketahui, sebelumnya jalan ini diberlakukan satu arah yaitu mulai dari Tugu Adipura sampai Perempatan Waiki.

Kepastian pembukaan Jalan Ahmad Yani kembali dua arah ditandai dengan pencopotan rambu-rambu dilarang melintas, oleh Asisten Pemerintahan Setda Indramayu, Drs Jajang Sudrajat MSi, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indramayu, Drs H Yudi Rustomo MSi, Sabtu (19/9). Tampak hadir perwakilan dari Polres Indramayu, Kodim 0616/Indramayu dan Satpol PP.

Jajang Sudrajat menjelaskan, pembukaan kembali Jalan Ahmad Yani menjadi dua arah berdasarkan analisis mengenai dampak lingkungan lalu lintas (amdal lalin). Dimana adanya pemberlakuan satu arah, menyebabkan arus lalu lintas tertumpu di Jalan Letnan Purbadi dan Jalan Cimanuk. “Selain itu, pembukaan dua jalur ini juga untuk mempercapat masyarakat sampai ke tempat tujuan,” ujarnya.

Ditanya tentang kemungkinan Jalan Soedirman yang saat ini masih one way, juga akan dikembalikan menjadi dua arah, Jajang mengatakan bahwa hal tersebut akan dilihat lagi berdasarkan hasil kajian.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indramayu, Drs H Yudi Rustomo MSi, didampingi Kabid Perhubungan Darat, Rasito SE mengatakan, kebijakan ini dibuat setelah Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Indramayu banyak menerima aspirasi, dan masukan dari para pedagang dan pemilik pertokoan di Jalan Ahmad Yani. Para pedagang mengaku bahwa setelah pemberlakuan satu arah selama beberapa tahun, usaha mereka mengalami penurunan.

“Pembukaan kembali Jalan Ahmad Yani menjadi dua arah ini sebagai upaya untuk kembali menghidupkan aktivitas perekonomian di Pasar Mambo dan sekitarnya,” tuturnya.

Sementara itu rencana pembukaan kembali jalan tersebut disambut antusias oleh para pedagang dan warga sekitarnya. “Alhamdulillah mudah-mudahan para pedagang di Pasar Mambo ini kembali bangkit dan maju kembali seperti waktu jaman dulu. Karena Pasar Mambo ini menjadi bagian penting bagi Kota Indramayu,” kata salah seorang pedagang, Dadang. (oet)

News Feed