oleh

GPK Bersih-Bersih Lingkungan

-Indramayu-217 views

INDRAMAYU-Puluhan anak muda yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Kopyah (GPK) Sehati menggelar menggelar aksi bersih-bersih lingkungan, Minggu (20/9).

Aksi ini bagian dari upaya membangkitkan kesadaran warga untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Karenanya, selain bersih-bersih, mereka mengajak kepada masyarakat  untuk membuang sampah pada tempatnya. Maklumlah, selama ini sebagian sebagian warga disana menjadikan saluran air maupun kali pembuang sebagai tempat pembuangan sampah.

Pantauan Radar, aksi dimulai dari Gang Semangka. Anggota GPK Sehati tampak bersemangat memungut sampah serta membersihkan rumput dan semak-semak di sepanjang jalan desa. Mereka juga membersihkan selokan yang tersumbat sampah.

Setelah dari Gang Semangka, mereka lantas bergerak ke Gang Manggis guna melaksanakan kegiatan serupa. Kerja bakti para pemuda ini direspons antuasias masyarakat setempat.

“Rencananya aksi bersih-bersih lingkungan ini rutin dilaksanakan setiap minggu sekali,” kata Ketua GPK Sehati, Opan Saeful didampingi pembina Babeh Kartam.

GPK Sehati, lanjut Opan, baru terbentuk pada 12 September 2020 lalu. Anggotanya terdiri dari para pemuda masing-masing blok di Desa Kopyah, Kecamatan Anjatan. Program kerja dikhususkan pada bidang sosial, pemberdayaan pemuda, olahraga sampai keagamaan.

“Non partai politik, tidak ada kaitannya dengan Pilkada. Kami dari pemuda-pemudi menggagas aksi ini agar memberikan edukasi positif bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan,” tegasnya.

Pembina GPK Sehati, Babeh Kartam memberikan apresiasi. Ia berharap, apa yang dilakukan oleh para pemuda itu dapat dijadikan contoh yang baik kepada warga untuk selalu menciptakan lingkungan yang bersih. Terlebih sebentar lagi memasuki musim penghujan.

“Jadi aksi ini adalah bukti nyata cinta pemuda-pemudi GPK terhadap desanya. Mudah-mudahan melalui aksi ini masyarakat semakin sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan,” harapnya. (kho)

News Feed