oleh

Harmonis, Pilkada Sejuk

-Headline, Indramayu-1.062 views

INDRAMAYU – Keharmonisan para kandidat calon kepala daerah (cakada), membikin suasana Pilkada Indramayu sejuk. Publik berharap, empat pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati terus mempertahankan komitmen menciptakan kontestasi pilkada berjalan aman dan damai.

Pemerhati pilkada, Bukhori mengapresiasi keakraban para cakada saat menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung 9-10 September lalu. “Ini menunjukkan, semua cakada dewasa dalam berpolitik. Efeknya mampu menyejukkan suasana batin masyarakat, terlebih pelaksanaan tahapan pilkada di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” kata dia.

Bukhori mengungkapkan, potensi keamanan yang sangat rawan di pilkada di Bumi Wiralodra serta di manapun adalah kampanye hitam dan berita hoaks. Karena itu, setiap cakada mesti memiliki kesepahaman untuk mematuhi segala aturan pilkada secara jujur, adil, santun dan bermartabat.

Tidak mengangkat isu-isu yang berbau SARA hanya demi mendongkrak simpati masyarakat. “Ini juga berlaku bagi tim sukses maupun pendukung. Agar tidak mudah termakan hoax atau berita bohong. Biasakan selalu cross check terlebih dahulu semua isu pada orang yang kompeten,” tuturnya.

Senada juga disampaikan Nanang, pemerhati pilkada lainnya. Menurutnya, penyelenggaraan pilkada di masa pandemi ini cukup berat. Karena itu butuh dukungan pemerintah, TNI/Polri, para cakada, seluruh parpol dan elemen masyarakat agar Pilkada Indramayu berlangsung aman, damai dan sejuk.

“Harapan masyarakat, Pilkada ini menjadi bagian dari festival demokrasi yang akan melahirkan ide dan gagasan segar untuk kemajuan masa depan daerah. Tentu sangat membutuhkan dukungan semua pihak untuk bersama-sama menjaga kondusivitas pilkada. Jangan pertaruhkan persatuan dan kedamaian warga Bumi Wiralodra hanya karena Pilkada yang lima tahun sekali,” terangnya. (kho)

News Feed