oleh

Polsek Balongan Helat Khitanan Masal

-Indramayu-201 views

INDRAMAYU-Bentuk kepedulian Kepolisian Republik Indonesia terhadap masyarakat , Polres Indramayu melalui Polsek Balongan menggelar bakti sosial khitanan masal, Kamis (10/9).

Bertempat di Aula Polsek Balongan, sebanyak 40 peserta khitan masal, terselenggara berkat kerjasama antara Forkopimcam Balongan, kepala desa se-Kecamatan Balongan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Humas PT. Petrochimacal Complek.

Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto melalui Kapolsek Balongan AKP Ryan Faisal SIK  menyampaikan kegiatan bakti sosial sunatan masal yang dilaksanakan dalam rangka ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap sesama.

Baksos khitan masal yang dilaksanakan oleh Polsek Balongan awalnya hanya diikuti 30 peserta sunat masal akan tetapi antusias masyarakat begitu besar sehingga dari target 30 menjadi 40 peserta yang mengikuti sunatan masal.

“Awalnya kami targetkan 30 peserta dari 10 desa yang ada di Kecamatan Balongan, karena antusias masyarakat yang tinggi ingin mengkhitankan anaknya, kami menambah menjadi 40 peserta,” ungkapnya.

Dari jumlah 40 peserta yang dikhitan, menurut Ryan, rata-rata usia antara 6 hingga 9 tahun. Dikatakan Ryan, peserta khitanan masal berasal dari 10 desa yang ada di wilayah hukum Polsek Balongan.

Sebelumnya, para peserta diharuskan mengisi daftar yang telah disediakan pihak panitia dalam hal ini Polsek Balongan. Setelah melalui mekanisme yang telah ditempuh barulah peserta khitan masal tersebut antre menunggu pemanggilan dan dilakukan sunat oleh petugas kesehatan.

“Tujuan dari bakti sosial khitanan  massal adalah untuk meningkatkan kesehatan anak-anak dan mendekatkan antara kepolisian dengan anak-anak dan juga masyarakat,” imbuhnya.

Ryan menambahkan, orang tuapun diedukasi dan penyampaian SOP perawatan pasca di khitan juga disampaikan kepada orang tua peserta khitanan masal untuk menghindari infeksi dan pendarahan pasca dikhitan serta kontrol yang dapat disesuaikan dengan cara meminum obat-obatan pasca dikhitan.

Kegiatan bakti sosial khitan masal mendapat sambutan baik dari orang tua peserta. Wastiyan, warga Desa Sukareja, Kecamatan Balongan mengapresiasi langkah jajaran Polsek Balongan yang membantu masyarakat sekitar, mengkhitan anak. Apa yang telah dilakukan pihak kepolisian Polres Indramayu melalui Polsek Balongan bisa dilaksanakan secara berkesinambungan. “Terima kasih kepada bapak polisi yang telah mengadakan khitanan masal, anak saya bisa ikut dikhitan,” ujarnya. (oni)

News Feed